PERAN WELLSITE GEOLOGIST PADA AKTIVITAS PEMBORAN EKSPLORASI DI LAPANGAN “MELIA” CEKUNGAN SALAWATI KABUPATEN SORONG, PAPUA BARAT

Semuel Mefri P.H. Datu

Abstract


Minyak bumi sampai saat sekarang merupakan sumber energi yang utama dan sangat dibutuhkan. Untuk itu diperlukan usaha-usaha dalam meningkatkan dan mengoptimalkan produksi lapangan minyak yang sudah ada atau mencari sumber cadangan baru dengan menerapkan kemajuan teknologi serta perhitungan ekonomi pada suatu lapangan minyak. Sampai saat ini kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di daerah Papua terutama bagian Barat masih terus dilakukan untuk menambah cadangan dan meningkatkan produksi hidrokarbon.
Lokasi penelitian terletak di lapangan “MELIA” yang terletak diarah Tenggara Kota Sorong. Lokasi dapat ditempuh selama 30 menit dari Kota Sorong dengan kendaraan bermotor. Penelitian dilakukan di Pemboran onshore di lapangan “MELIA” Distrik Aimas Kabupaten Sorong.
Secara sistematik, terdapat 5 perangkat sistem utama dalam pemboran, yaitu : Sistem Tenaga, Sistem Pengangkatan, Sistem Pemutar, Sistem Sirkulasi, dan Sistem Pencegah Semburan Liar. Dan 1 perangkat sistem penunjang yaitu sistem penyemenan.
Wellsite Geologist adalah bagian yang penting dalam suatu operasi pemboran. Mereka bertugas untuk memonitoring aktivitas – aktivitas vital selama pemboran berlangsung. Salah satunya adalah mengidentifikasi data cutting hasil pemboran, mengawasi proses mudlogging dan wireline logging, kemudian yang terpenting yaitu menentukan batas formasi guna mendapatkan zona – zona yang memiliki prospek hidrokarbon maupun gas berdasarkan data litologic log, wireline log, serta data – data lainnya yang mendukung.



DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v5i2.245

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jmtg.v5i2.245.g207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.