KARAKTERISTIK ENDAPAN EMAS EPITERMAL SULFIDASI TINGGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINERAL LEMPUNG HASIL ANALISA SPEKTRAL, DAERAH CIJULANG, KABUPATEN GARUT PROVINSI JAWA BARAT

Sigit Heru Purwanto, Okki Verdiansyah

Abstract


Eksplorasi mineral bijih terutama emas saat ini memiliki target eksplorasi pada berbagai tipe endapan.
Mineralisasi regional daerah Jawa Barat terdiri dari berbagai tipe endapan seperti endapan emas epitermal sulfidasi rendah (Cikotok, Cikidang, Pongkor), endapan porfiri (Cihurip, Jampang), vein epitermal Au–Zn,Pb,Cu (Arinem), tipe sulfidasi tinggi (Cibeureum, Cijulang).
Geologi daerah Cijulang terdiri dari satuan andesit, crystalline tuff, phreatomagmatic breccia, juvenile rich phreatomagmatic breccia, dan microdiorite yang merupakan anggota Formasi Koleberes dan Formasi Jampang berumur Miosen akhir yang tertutup oleh satuan vulkaniklastik muda berumur Pleiosen.
Endapan sulfidasi tinggi daerah Cijulang memiliki alterasi advanced argillic, argillic, propilitic, dan silisifikasi (massive quartz – vuggy quartz) dan mineralisasi terbentuk pada 3 fase yaitu pembentukan silika-pirit, enargit-kalkopirit, dan enargit-tenantit-kalkopirit-sfalerit-galena-stibnit.
Analisa Terraspectral geology dominan yang dijumpai adalah kaolinit, dikit, pirofilit, sedangkan alunit hanya setempat dijumpai.
Pola geokimia endapan emas high sulfidation epithermal daerah Cijulang berasosisasi dengan alterasi silifikasi (massvie quartz), dengan hubungan positif terhadap keberadaan mineral kaolinite-dickite yang berasosiasi oleh kehadiran pyrrophillite sebagai mineral penciri pathway mineralisasi emas. Pada alterasi advanced argillic terlihat terdapat juga anomali kehadiran emas (<0.2 ppm Au), yang berasosiasi dengan kehadiran pyrrophillite-kaolinite-dickite.
Model lithocap Cijulang merupakan tipe cebakan sulfidasi tinggi yang berhubungan dengan tipe porfiri, yang berkembang pada tubuh diatrem.



DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v6i2.257

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/jmtg.v6i2.257.g219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.