Analisis Perbandingan Tipe Fluida Berdasarkan Kandungan Anion Cl-SO4-HCO3 Pada Mataair Panas Candi Gedong Songo Dan Mataair Panas Derekan Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah

Nofrohu Retongga

Abstract


Lokasi penelitian terletak di daerah mataair panas Candi Gedong Songo dan mataair panas derekan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perbandingan tipe fluida berdasarkan kandungan anion Cl-SO4-HCO3 pada mataair panas Gedong Songo dan mataair panas Derekan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Analisis tipe fluida mataair panas menggunakan data hasil pengujian geokimia. Berdasarkan hasil analisis geokimia dan perhitungan persentase kadar  unsur  Cl, SO4 dan HCO3, yang kemudian diplotkan dalam diagram Ternary Plot kandungan fluida mataair panas yang terdapat pada daerah Gedong Songo merupakan fluida air Sulfat, dikarenakan dari hasil analisis kimia diketahui unsur SO4 (Sulfat) merupakan unsur yang paling dominan dan berada pada Volcanic Waters. Berdasarkan hasil analisis geokimia dan perhitungan persentase kadar  unsur  Cl, SO4 dan HCO3 , yang kemudian diplotkan dalam diagram Ternary Plot kandungan fluida mataair panas yang terdapat pada daerah Derekan merupakan fluida air Bikarbonat. Hal ini dikarenakan dari hasil analisis geokimia diketahui unsur HCO3 (Bikarbonat) merupakan unsur yang paling dominan dan berada pada Peripheral Water.


References


Indarto, S., Widarto, D. S., Zulkarnain, E. G., & Setiawan, I. (2006). Studi Batuan Volkanik dan Batuan Ubahan Pada Lapangan Panasbumi Gedongsongo Kompleks Gunungapi Ungaran Jawa Tengah. RISET Geologi Dan Pertambangan, 16(1), 30–44.

Nicholson, K. (1993). Exploration Techniques. In Geothermal Fluids (pp. 141–149). Springer.

Saptadji, N. M. (2009). Karakterisasi reservoir panas bumi. Training Advanced Geothermal Engineering, 6–17.

Sribudiyani, N. M., Ryacudu, R., Kunto, T., Astono, P., Prasetya, I., Sapiie, B., Asikin, S., Harsolumakso, A. H., & Yulianto, I. (2003). The collision of the East Java Microplate and its implication for hydrocarbon occurrences in the East Java Basin.

Suparno, S. (2009). Energi Panas Bumi: A Present from The Heart of The Earth, Edisi Pertama. Depok: Penerbit UI.

Thanden, R. E., Sumadiredja, H., Richards, P. W., Sutisna, K., & Amin, T. C. (1996). Peta Geologi Lembar Magelang dan Semarang, Jawa, skala 1: 100.000. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Van Bammelen, R. W. (1949). The Geology of Indonesia. Vol. I A. The Hague, Netherlands.

Winarsih, F. P. (2014). Identifikasi Litologi daerah Manifestasi Panas Bumi Parangwedang Kabupaten Bantul DIY dengan Metode Magnetik. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.

Wohletz, K., & Heiken, G. (1992). Volcanology and geothermal energy (Vol. 432). University of California Press Berkeley.




DOI: https://doi.org/10.31315/jmtg.v14i1.8358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH KEBUMIAN MTG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.