PENENTUAN STRATEGI BERSAING BERDASARKAN SIMULASI SISTEM DINAMIS ( Studi Kasus di Industri Kecil Intan Rahmadhani Yogyakarta )

Susi Dwi Rahayu, Dyah Rachmawati Lucitasari, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Industri kecil Intan Rahmadhani merupakan salah satu industri makanan yang menjual produk berupa kripik tempe dan beberapa produk kripik lainnya yang berbahan baku dari sayuran dan biji-bijian. Permasalahan yang dihadapi industri Intan Rahmadhani saat ini adalah persaingan industri yang tinggi dan penjualan produk yang terus menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bersaing yang dapat digunakan dalam menghadapi persaingan maupun memperbaiki kondisi yang sedang dialami industri Intan Rahmadhani.

Penelitian ini diawali dengan menganalisis strategi yang sesuai dengan kondisi internal maupun eksternal industri Intan Rahmadani. Hasil dari analisis diperoleh tiga strategi yaitu inovasi produk, promosi dengan diskon, dan penjualan online. Strategi yang diperoleh dimodelkan berdasarkan simulasi sistem dinamis dengan software powersim. Pada pemodelan strategi dilakukan penyusunan causal loop diagram dan stock flow diagram untuk melihat hubungan timbal balik antar valiabel. Hasil dari simulasi dilakukan uji validasi menggunakan uji rata-rata (mean comparison). Pada penelitian ini pembangkitan skenario didasarkan pada hasil dari analsis strategi.

Berdasarkan pengujian tingkat error, rekomendasi strategi yang tepat untuk industri Intan Rahmadhani adalah strategi pertama yaitu inovasi produk. Inovasi produk yang dilakukan adalah  menambah varian rasa produk coklat dan BBQ dengan harga jual yang sama yaitu sebesar Rp 7.500,-

Keywords


Strategi Bersing, SWOT, Simulasi, Sistem Dinamis

References


Arifin, Miftahol. 2009. Simulasi Sistem Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu

Buntuan, Indra F.. 2010. Skripsi Model Dinamik Pada Sistem Deteksi Dini Untuk Manajemen Krisis Pangan. Bogor : Institut Pertanian Bogor

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategi. Jakarta: Salembe Empat.

Hubeis, Musa dan Mukhamad Najib. 2008. Manajemen Strategis Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/saing. Diakses tgl 15 September 2017, pukul 15.33.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indoensia.

Kuncoro, Mudrajat. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Kuswara, Sonny. 1995. Pemasaran industri. Jakarta: Djambatan.

Meilani, D. dan Ardian Yulianto. dan Arief Rahman. 2013. Perancangan Aplikasi Simulasi Pemasaran untuk Executive Decision pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Teknika, Vol. 20 No. 28 November 2013

Porter, Michael E. dan Agus Maulana. 1980. Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Porter, Michael E.. 1993. Keunggulan Bersaing. Jakarta: Erlangga.

Prawitasari, Sri Y.. 2010. Skripsi Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing. Semarang : Universitas Diponegoro.

Rangkuti, Freddy. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramdia Pustaka Utama

Setiawan, S., 1991. Simulasi Teknik Pemrograman dan Metode Analisis. Yogyakarta: Andi Offset.

Supranoto, Meike. 2009. Tesis Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi kewirausahaan Dalam Rangka Mengingkatkan Kineja Pemasaran. Semarang : Universitas Diponegoro.

Suryani, E., 2006. Pemodelan & Simulasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 485689
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id