Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Paradigma?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI (CALON) PENULIS JURNAL PARADIGMA

  1. Artikel yang ditulis untuk JURNAL PARADIGMA meliputi artikel hasil penelitian di bidang kebijakan sosial (Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi).
  2. Artikel ditulis dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Naskah diketik dengan Microsoft Word, font Times New Roman, ukuran font 12, spasi ganda, marjin standar (batas kiri dan batas bawah 4 cm, sedangkan batas kanan dan batas atas 3 cm), dengan panjang 20-30 halaman.
  3. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis (disertai alamat institusi, nomor telepon, dan alamat e-mail), abstract (disertai keywords), abstrak (disertai kata kunci), pendahuluan, kajian  pustaka , metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka.
  4. Judul artikel dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 12 kata, sedangkan dalam Bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Judul ditulis rata tengah, dengan ukuran font 16.
  5. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, serta ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat e-mail.
  6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 75-200 kata, disertai kata kunci sejumlah 3-5 kata. Abstrak minimal berisi masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  7. Bagian pendahuluan untuk artikel hasil penelitian berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. Bagian pendahuluan tidak perlu diberi sub-judul pendahuluan.
  8. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  9. Bagaian Kajian Pustaka, memaparkan pustaka yang digunakan dalam melakka penelitian, terutama pustaka primer (jurnal).
  10. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Pembahasan berisi paparan data dan olah data, serta pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.
  11. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf. Panjang paparan bagian simpulan 5-10% dari panjang artikel.
  12. Tabel dan gambar maksimal 6 setiap artikel.
  13. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam artikel, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat di Jurnal Paradigma disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
  14. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: Baran (2009: 45).
  15. Daftar rujukan disusun dengan tata cara yang merujuk APA Style edisi ke 6 seperti contoh berikut ini dan diuraikan secara alfabetis dan kronologis.

Buku:

Littlejohn, S. W. (2010). Theories of human communication (10th ed). Long Grove, Illinois: Waveland Press, Inc.

Rogers, E. M., & Rekha, A. R. (1976). Communication in organizations. New York, NY: The Free Press.

Cunningham, S., & Turner, G. (Eds.). (2002). The media in Australia. Sydney, Australia: Allen & Unwin.

Foley, F. (2013) Countering terrorism in Britain and France. Cambridge: Cambridge University Press.

Baylis, J., Smith, S., & Owens, P. (2014). The globalization of world politics: An introduction to International Relations (6th ed.). Oxford: Oxford University Press.

 

E-book:

McRobbie, A. (1998). British fashion design: Rag rade or image industry? London: Routledge. Tersedia dari: <http://leeds.etailer.dpsl.net/Home/htmlmoreinfo. asp?isbn=0203168011>

 

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Darmawan, Josep J. (2007). Mengkaji ulang keniscayaan terhadap berita (televisi). Dalam Papilon H. Manurung (ed), Komunikasi dan kekuasaan (h. 60-95). Yogyakarta: FSK.

 

Artikel Jurnal:

Giroux, H. (2000). Public pedagogy as cultural politics: Stuart Hall and the “crisis” of culture. Cultural Studies, 14(2), 341-360.

Jacoby, W., & Hakan, Y. (2008). Modernization, identity, and integration: an introduction to the special issue on Islam in Europe. Journal of Muslim Minority Affairs, 28 (1), 1-6.

 

Makalah Konferensi:

Jongeling, S. B. (1988, September). Student teachers’ preference for cooperative small group teaching. Paper presented at the 3rd Annual 13 Research Forum of the Western Australian Institute for Educational Research, Murdoch University, Murdoch, Western Australia.

 

Artikel dalam internet:

Massy, W. F., & Robert, Z. (1996). Using information technology to enhance academic productivity. Diperoleh dari (www.educom.edu/program.nlii/keydoces/ massy.htm), (diakses kapan)

 

Artikel Surat Kabar:

Ispandriarno, L. (2008, Mei 12). Memantau bus hijau. Koran Tempo, hal. 4.

 

Tulisan/berita dalam surat kabar tanpa pengarang:

Memantau bus. (2008, Mei 12). Koran Tempo, hal. 4.

 

Dokumen resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Perbawaningsih, Y. (1998). Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku terhadap teknologi komputer: Analisis perbandingan budaya teknologi antara akademisi perguruan tinggi negeri dan swasta, kasus di UGM dan UAJY. (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.

 

Website:

Arstechnica: The art of technology. (2008). Tersedia dari: http://arstechnica.com/index.ars

 

Blog:

Jaquenod, G. (2008, December 1). Birdie’s etsy flights. [Web log post] http://www.giselejaquenod.com.ar/blog/

 

Film atau Video:

Deeley, M., & York, B. (Producers), & Scott, R. (Director). (1984). Bladerunner [Motion picture]. United States: Warner Brothers

 

  1. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar dapat dicontoh langsung dari artikel yang telah dimuat Jurnal Paradigma edisi terakhir. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan istilah-istilah yang dibakukan oleh Pusat Bahasa.
  2. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapat imbalan berupa nomor bukti pemuatan sebanyak dua eksemplar cetak lengkap, dan tiga eksemplar cetak lepas. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
  3. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
  4. Naskah dikirim ke redaksi Jurnal Paradigma:  paradigma@upnyk.ac.id