Pengaruh Pesan Kampanye #LoveAvoskinLoveEarth Di Instagram @avoskinbeauty Terhadap Brand Image Avoskin
DOI:
https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i2.10209Keywords:
Pesan Kampanye, Brand Image, Hubungan MasyarakatAbstract
Perkembangan industri kecantikan di Indonesia memunculkan isu atau masalah baru yakni adanya penumpukan sampah. Penumpukan sampah ini diakibatkan oleh kemasan produk yang hanya dapat digunakan sekali pakai. Avoskin mempunyai visi untuk mengurangi adanya penumpukan sampah tersebut dengan menyuarakan kampanye di Instagram @avoskinbeauty untuk menginformasikan suatu isu atau masalah agar menjadi mudah dimengerti oleh khalayak sehingga akan ada perubahan sikap dan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pesan kampanye #LoveAvoskinLoveEarth terhadap sikap pengikutnya di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi pengikut Instagram @avoskinbeauty yaitu sebanyak 680.000 orang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 100 sampel. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM) untuk mengetahui bagaimana informasi atau pesan dapat memengaruhi sikap seseorang. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara pesan kampanye #LoveAvoskinLoveEarth terhadap Brand Image Avoskin sebesar 0,629 yang berarti menunjukan hubungan yang kuat.References
"Digital 2022: Another Year of Bumper Growth." (2022, 26 Januari). We Are Social, diunduh dari https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
"Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik." (2020, 27 Januari). Koran Tempo, diunduh dari https://koran.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/449594/perubahan-gaya-hidup-dorong-industri-kosmetik
Anggita, A. M. (2022, 3 Desember). Ini Brand Skincare Lokal Terbaik Versi Tokopedia Beauty Awards 2022. 3 Desember 2022, diunduh dari: https://www.parapuan.co/read/533594432/ini-brand-skincare-lokal-terbaik-versi-tokopedia-beauty-awards-2022?page=4
Chang, C. T., & Chu, X. Y. M. (2020). The give and take of cause-related marketing: purchasing cause-related products licens-es consumer indulgence. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(2), 203-221.
Chéron, E., Kohlbacher, F. and Kusuma, K. (2012). The effects of brand‐cause fit and campaign duration on consumer perception of cause‐related marketing in Japan. Journal of Consumer Marketing, 29(5), p. 357-368. doi.org/10.1108/07363761211247479
Clow, K., & Baack, D. (2010). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. Pearson.
Delgado‐Ballester, E., Navarro, A. and Sicilia, M. (2012). Revitalising brands through communication messages: the role of brand familiarity. European Journal of Marketing, 46(1), p. 31-51. doi.org/10.1108/03090561211189220
Frisca, F. (2017, 10 Februari). Eksklusif Anugrah Pakerti, Pebisnis Muda yang Mengerti Wanita. 10 Februari 2017, diunduh dari https://www.fimela.com/lifestyle/read/2851681/eksklusif-anugrah-pakerti-pebisnis-muda-yang-mengerti-wanita
Huertas-Garcia, R., Consolación, C. and Mas-Machuca, M. (2016). How a sustainable message affects brand attributes. Industrial Management & Data Systems, 116(3), p. 466-482. doi.org/10.1108/IMDS-06-2015-0237
Khairunnisa, Q. A., & Salma, A. N. (2022a). Pengaruh Kampanye “Love Avoskin Love Earth” Di Media Sosial Terhadap Environmental Awareness Generasi Z. eProceedings of Management, 9(4), Article 4.
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18281
Khairunnisa, Q. A., & Salma, A. N. (2022b). Pengaruh Kampanye “Love Avoskin Love Earth” Di Media Sosial Terhadap Environmental Awareness Generasi Z. eProceedings of Management, 9(4).
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18281
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Makikama, S. (2021). Pengaruh Efektivitas Kampanye “Pesanlah dari McDonald’s" Terhadap Citra Merek Burger King. . . (Doctoral Dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Navarro-Bailón, M. Á. (2012). Strategic consistent messages in cross-tool campaigns: effects on brand image and brand attitude. Journal of Marketing Communications, 8(3), p. 189-202. doi.org/10.1080/13527266.2011.567455.
Rizaty, M. A. (2022, 3 Agustus). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. 3 Agustus 2022, diunduh dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The manuscript submitted to Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan journals are released under the license of Creative Commons Attribution-Non Commercial- ShareAlike (CC BY SA) if and when the article is accepted for publication.
We declare that:
- This paper has not been published in the same form elsewhere.
- It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
- A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article
The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan