Perilaku Pembelian Berulang pada Resonance and Eternity (RETER) Coffee: Stakeholder Engagement Analysis

Authors

  • Salsabila Fadilah Azahra Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Virginia Ayu Sagita Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Muhammad Edy Susilo Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Pembangunan Nasional Veteran

DOI:

https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i2.10403

Keywords:

Pemangku Kepentingan, Kopi, Yogyakarta

Abstract

Kedai kopi saat ini menjadi bisnis yang berkembang pesat di kota Yogyakarta, bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen, terutama di kalangan mahasiswa. Di saat persaingan di pasar kedai kopi semakin ketat, Resonance and Eternity (RETER) Coffee berusaha untuk mempertahankan loyalitas konsumen dengan menjalin berbagai ikatan pemangku kepentingan untuk merangsang pembelian berulang di kalangan mahasiswa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Stakeholder Engagement RETER Coffee dalam meningkatkan perilaku pembelian ulang di kalangan mahasiswa Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta triangulasi data digunakan untuk menilai keabsahan data yang diperoleh. Menurut temuan studi tersebut, RETER Coffee benar-benar fokus untuk menyenangkan konsumen guna mendorong perilaku pembelian berulang dengan menciptakan kedai kopi ramah siswa yang terbuka untuk berbagai macam kolaborasi dan kerja sama. Kedai kopi ini memprioritaskan pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan melalui jenis hubungan berupa kerjasama atau pemberdayaan yang melibatkan pemangku kepentingan tersebut dalam setiap keputusannya.

References

Baugh, A. (2015). Stakeholder Engagement: the game changer for program management.

Freeman, R. Edward.; Harison, Jeffrey. S.; Wicks, Andrew. C.; Parman, Bidhan. L.; Colle, S. de. (2010). Stakeholder Theory. In Cambrigde University Press. Cambrigde University Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management MARKETING MANAGEMENT Marketing Management. In Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kumparan. (2022). Ada 3.000 Kedai Kopi di Seluruh Yogya, Terpadat di Indonesia. https://kumparan.com/pandangan-jogja/ada-3-000-kedai-kopi-di-seluruh-yogya-terpadat-di-indonesia-1ympBAlgDYG/full

Maxwell, J. A., & Reybold, L. E. (2015). Qualitative Research. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.10558-6

O’Daniel, J. M., Ackerman, S., Desrosiers, L. R., Rego, S., Knight, S. J., Mollison, L., Byfield, G., Anderson, K. P., Danila, M. I., Horowitz, C. R., Joseph, G., Lamoure, G., Lindberg, N. M., McMullen, C. K., Mittendorf, K. F., Ramos, M. A., Robinson, M., Sillari, C., & Madden, E. B. (2022). Integration of Stakeholder Engagement from development to dissemination in genomic medicine research: Approaches and outcomes from the CSER Consortium. Genetics in Medicine, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.gim.2022.01.008

Prasetya, A. D. (2020). Penikmatnya Semakin Meningkat, Bisnis Kopi Masih Menjanjikan. https://merahputih.com/post/read/penikmatnya-semakin-meningkat-bisnis-kopi-masih-menjanjikan

Rizaty, M. A. (2022). Konsumsi Kopi Indonesia Terbesar Kelima di Dunia pada 2021. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/konsumsi-kopi-indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-pada-2021

Seidman, I. (2019). Interviewing as Qualitative Research. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (3rd ed.). Teachers College Press.

Soedarsono, D. K., Mohamad, B., Adamu, A. A., & Pradita, K. A. (2020). Managing digital marketing communication of coffee shop using instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(5), 108–118. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I05.13351

Stephenson, C., Lohmann, G., & Spasojevic, B. (2018). Stakeholder Engagement in the development of international air services: A case study on Adelaide Airport. Journal of Air Transport Management, 71(June), 45–54. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2018.06.006

Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from start to finish. The Guilford Press.

Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish Second Edition. In the Guilford Press.

Zhao, X., & Chen, Y. R. R. (2022). How brand-stakeholder dialogue drives brand-hosted community engagement on social media: A mixed-methods approach. Computers in Human Behavior, 131(July 2021), 107208. https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107208

Published

2023-07-31

How to Cite

Azahra, S. F., Sagita, V. A., & Susilo, M. E. (2023). Perilaku Pembelian Berulang pada Resonance and Eternity (RETER) Coffee: Stakeholder Engagement Analysis. Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, Dan Kebijakan, 27(2), 365–383. https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i2.10403

Issue

Section

Public Relations