Pengaruh Perceived Destination Image dan Attribute Perception Terhadap Tourist Satisfaction serta Implikasinya pada Intention to Recommend

Pristalla Shabrina, Eny Endah Pujiastuti, Meilan Sugiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived destination image dan attribute perception terhadap tourist satisfaction serta intention to recommend. Populasi penelitian ini adalah wisatawan domestic Candi Prambanan. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel penelitian ini adalah 129 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan SEM AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived destination image berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, attribute perception berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, perceived destination image berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend, attribute perception berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend, dan tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend. Berdasarkan hasil penelitian, destinasi wisata Candi Prambanan harus mampu mempertahankan citra destinasi dan atribut-atribut wisata agar wisatawan mendapatkan pengalaman yang memuaskan sehingga akan timbul niat untuk merekomendasikan destinasi wisata yang sama.

 


Keywords


Perceived Destination Image; Attribute Perception; Tourist Satisfaction; Intention to Recommend

Full Text:

PDF

References


Ardiwidjaja, R. (2018). Arkeowisata Mengembangkan Daya Tarik Pelestarian Warisan Budaya. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Artunel, M. C. dan Erkut, B. (2015). Cultural Tourism in Istanbul: The Mediation Effect of Tourist Experience and Tourist satisfaction on the Relationship Between Involvement and Recommendation Intention. Journal of Destination Marketing & Management.2015.06.003.

Baloglu, S. dan McCleary, K. W. (1999). U.S International Pleasure Travelers Image for Four Mediterranean Destinations: A Comparison of Visitors and Novisitors. Journal of Travel Research. 38: 144-152.

Basrah dan Samsul (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Ke-14. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Blazquez-Resino, J. J., Muro-Rodriguez, A. I. dan Perez-Jimenez, I. R. (2016). Differences of Perceived Image Generated through the Web Site: Empirical Evidence Obtained in Spanish Destinations. Organizational Psychology,a section of the journal Frontiers in Psychology. 7:1861.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (2019). Statistik Kepariwisataan 2019.

Elvera (2019). Pemasaran Pariwisata: Kepuasan wisatawan dan Loyalitas Wisatawan. Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka.

Febriani, N.S., dan Dewi, W., Weda (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB. Press.

Firmansyah, A. (2018). Perilkau Konsumen (Sikap dan Pemasaram). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planing and Strategy. Pasuruan: Qiara Media

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gungor, H. (2007). Emotional Tourist satisfaction of Customer Contacts. Turki: Amsterdam University Press.

Hamzah, L. M., Awaluddin, I., dan Maimunah, E. (2016). Pengantar Statistika Ekonomi. Bandar Lampung: AURA (Anugrah Utama Raharja).

Hasan, A. (2010). Marketing Dari Mulut ke Mulut Word of Mouth Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Hasan, A. (2015). Tourism Marketing, Cetakan Pertama Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Heung, V.C.S dan Quf, H. (2008). Hong Kong as a Travel Destination: An Analysis of Japanese Tourists’ Satisafaction Levels, and the Likehood of Them Recommending Hong Kong to Others. Journal of Travel & Tourism Marketing, 9:1-2, 57-80.

Hosany, S., Prayag, G., Der, V. R., Huang, S., dan Deesilatham, S. (2016). Mediating Effects of Place Attachment and Tourist satisfaction on the Relationship between Tourists Emotions and Itention to Recommend. Journal of Travel Research, No.1–15.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan wisatawan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Ivanov, S. (2014). European Journal of Toursim Research. Bulgaria: International University College.

Ivanova, M. (2017). Air Transport – Tourism Nexus: A Destination Management Perspective. Varna: Zangador.

Junaedi (2015). Loyalitas Pelanggan Pemasang Iklan Televisi Dalam Acara Tambang Pantura. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Kanwil, S., Lingqiang, Z., Asif, M., Hwang, J., Hussain, A., dan Jameel, A. (2019). The Influence of Destination Image on Tourist Loyalty and Intention to Visit: Testing Multiple Mediation Approach. Sustainability. 11, 6401.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Ketler, K. L. (2016). Marketing Management. England: Pearson Education.

Machin, D.. Campbell, M. J., Tan, S. B. dan Tan, S. H. (2009). Sample Size Tables for Clinical Studies, 3rd Ed. Chichester: Wiley-Blackwell.

Morrison, A, M. (2019). Marketing and Management Tourism Destination. New York: Vanderbilt Avenue.

Mowen, J. C. dan Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid I. Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga.

Muaini (2018). Kebudayaan dan Pariwisata. Yogyakarta: Garudhawaca.

Mun, Y. W., Aziz, Y A., dan Bojei, J. (2018). Mediating Impact of Perceived Destination Image on Intention to Recommend Malaysia as a Key Educational Hub. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(16), 1–14.

Mustarida, F., Romondang, A., Setiawan, Y, B., Kurniullah, A, Z., Revida, E., Purba, S., Napitupulu, D., Sudarso, A. (2020). Service Management. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nugroho, J. S. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Kencana.

Nuralam, Inggang, Perwangsa (2018). Manajemen Hubungan Pelanggan Perbankan Syariah Indonesia. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pitana, I. G. dan Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Prayag, G., Hosany, S., Muskat, B., dan Chiappa, G. D. (2015). Understanding the Relationships between Tourists Emotional Experiences, Perceived Overall Image, Tourist satisfaction, and Intention to Recommend. Empirical Research Articles: Journal of Travel Research, 56 (1): 1-14.

Puspitasari, C., Prayudi, Rochayanti, C. (2020). PENGEMBANGAN MODEL KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN OBYEK WISATA. Paradigma. Jurnal Masalah Sosial Politik dan Kebijakan. Vol. 24 No. 1 (2020).

Ragab, H., Mahrous, A. A., dan Ghoneim, A. (2019). Egypt's PErceived Destination Image and its Imapact on Tourit's Future Behavioral Intentions. International Tourism Studies Associaton, VOL. 6 NO. 2 2020, pp. 449-466, Emerald Publishing Limited, ISSN 2056-5607.

Ragavan, N. A.., Hema, S., dan Sharif, S. P. (2014). Tourists’ perceptions of destination travel attributes: An application to International tourists to Kuala Lumpur. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol.144, No.403 – 411.

Rangkuti, F. (2006). Meansuring Customer Tourist satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H.., Manuhutu, M.., Sudarso, A., Simarmata, J.., Hasdiana, D., Tasnim, Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sangadji, E. M. dan Sopiah (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sankrusme, S. (2017). Tourism Management of Russian Behavioral Intention toward Thailand. Hanburg: Anchor Academic Publishing.

Sukoco, Sampir, Andrean (2018). New Komunikasi PEmasaran: Teori dan Aplikasinya. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam

Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarwan, U. (2015). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. Bogor: IPB Press.

Supriadi, S. (2017). Statistka Deskriptif untuk Penelitian Pendidikan. Banten: PGSD UPI Kampus Serang.

Surdayana, Liga, M., dan Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Timontius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan pengetahuan. Yogyakrta: Andi.

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuna untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakrta: Penerbit ANDI.

Trimurti, C P., Utama, I G B R. (2020). Model Pengembangan Destinasi dalam Perspektif Motivasi Berwisata. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Utama, I G B R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Vos, M., Schoemaker, H. (2006). Montinoring Public Perception of Organisations. Den Hagg: Burolamp.

Widayati, W. (2011). Ekologi Manusia: Konsep, Impelemtasi, dan Pengembangannya. Kendar: Unhalu Press.

Wisnawa, I M B., Prayogi. P.A,, dan Sutapa, I.K. (2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata Di Kawasan Pedesaan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Zheng, D. (2015). Education Management and Management Science. Netherlands: PRC. Press/Balkema.




DOI: https://doi.org/10.31315/paradigma.v25i1.8564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pristalla Shabrina, Eny Endah Pujiastuti, Meilan Sugiarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  

Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan

Published by Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

(Kampus Unit II) Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Depok, Yogyakarta 55281

Phone: +62 274 486733. Email: paradigma@upnyk.ac.id

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.