PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENYAMPAIAN KENAIKAN HARGA BBM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i1.8617Keywords:
Hubungan MasyarakatAbstract
Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah tentu menimbulkan berbagai respon oleh banyak pihak. Respon masyarakat yang memberikan penolakan dengan berbagai cara merupakan salah satu respon yang timbul. Maksud pemerintah menaikkan harga BBM ini tentu memiliki maksud baik untuk kemajuan bangsa. Oleh karenanya artikel yang berjudul “Peran Public Relations dalam penyampaian kenaikan harga BBM di Indonesia” melalui metode kualitatif, diharapkan dapat mencapai tujuan penulisan yakni untuk mengetahui pengaruh yang terjadi di masyarakat akibat adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM, memberikan alternatif penyelesaian untuk pemerintah dalam menginformasikan sebab kenaikan harga BBM kepada masyarakat yang memberikan penolakan, serta mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh praktisi Public Relations dalam upaya membantu pemerintah mengatasi penolakan-penolakan yang terjadi di masyarakat. Hasil pembahasannya adalah peran praktisi Public Relations atau Humas sangat diperlukan dalam membantu pemerintah menghadapi masalah seperti ini. Hal ini dikarenakan seorang praktisi Humas sudah memiliki kemampuan publikasi berbicara yang baik dan mampu menguasai pengolahan masalah oleh karena itu segala bidang yang ada di pekerjaan membutuhkan peran praktisi Humas untuk mengatasi permasalahan yang ada.
References
Dosen Pendidikan 3. (2022, August 9). 45 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli & Sumber Bukunya. DOSEN PENDIDIKAN.
Dosen Pendidikan 2. (2022, September 9). 24 Pengertian Media Menurut Para Ahli. DOSEN PENDIDIKAN.
Fauzan, R. M., Sarbini, M., Kohar, A., Tinggi, S., Islam, A., & Bogor, A.-H. (n.d.). IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP AL-IRSYAD BOGOR TAHUN 2021.
Febriannur Rachman, R., Kiai Syarifuddin, J., & Timur, J. (2021). PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DI MEDIA ONLINE East Java Provincial Government Covid-19 News Trends in Online Media. | Khazanah Intelektual, 5. https://doi.org/10.37250/newkiki.v4i1.93 Government Publications. (2013).
Gunawan Lien, D. (n.d.). AKTIVITAS KEHUMASAN DALAM KOMUNIKASI BENCANA (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Publikasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB dalam Optimalisasi Komunikasi Bencana). https://bnpb.go.id/
Ivony. (2021, October 15). 35 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli.
Komunikasi: Pengertian Menurut Para Ahli. (n.d.).
Sri Yuliana. (2020, February 5). Mendalami Arti Publikasi Menurut Para Ahli. Publikasi Jurnal Ilmiah Dan PTK.
TABLE I TREATMENT OF CONVEYED INFORMATION BY EMPLOYEES Treatment of information From superiors (in %) From meetings (in %). (n.d.).
Yahya, M., & Penulis, N. (2022). PERAN KEHUMASAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1).
Wasesa, S. A. (2005). Strategi public relation. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The manuscript submitted to Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan journals are released under the license of Creative Commons Attribution-Non Commercial- ShareAlike (CC BY SA) if and when the article is accepted for publication.
We declare that:
- This paper has not been published in the same form elsewhere.
- It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
- A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article
The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan