PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM PENYAMPAIAN KENAIKAN HARGA BBM DI INDONESIA

Fandi Ahmad Ramadhan

Abstract


Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah tentu menimbulkan berbagai respon oleh banyak pihak. Respon masyarakat yang memberikan penolakan dengan berbagai cara merupakan salah satu respon yang timbul. Maksud pemerintah menaikkan harga BBM ini tentu memiliki maksud baik untuk kemajuan bangsa. Oleh karenanya artikel yang berjudul “Peran Public Relations dalam penyampaian kenaikan harga BBM di Indonesia” melalui metode kualitatif, diharapkan dapat mencapai tujuan penulisan yakni untuk  mengetahui pengaruh yang terjadi di masyarakat akibat adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM, memberikan alternatif penyelesaian untuk pemerintah dalam menginformasikan sebab kenaikan harga BBM kepada masyarakat yang memberikan penolakan, serta mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh praktisi  Public Relations dalam upaya membantu pemerintah mengatasi penolakan-penolakan yang terjadi di masyarakat. Hasil pembahasannya adalah peran praktisi Public Relations atau Humas sangat diperlukan dalam membantu pemerintah menghadapi masalah seperti ini. Hal ini dikarenakan seorang praktisi Humas sudah memiliki kemampuan  publikasi berbicara yang baik dan mampu menguasai pengolahan masalah oleh karena itu segala bidang yang ada di pekerjaan membutuhkan peran  praktisi Humas untuk mengatasi permasalahan yang ada.


Keywords


Hubungan Masyarakat

References


Dosen Pendidikan 3. (2022, August 9). 45 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli & Sumber Bukunya. DOSEN PENDIDIKAN.

Dosen Pendidikan 2. (2022, September 9). 24 Pengertian Media Menurut Para Ahli. DOSEN PENDIDIKAN.

Fauzan, R. M., Sarbini, M., Kohar, A., Tinggi, S., Islam, A., & Bogor, A.-H. (n.d.). IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP AL-IRSYAD BOGOR TAHUN 2021.

Febriannur Rachman, R., Kiai Syarifuddin, J., & Timur, J. (2021). PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DI MEDIA ONLINE East Java Provincial Government Covid-19 News Trends in Online Media. | Khazanah Intelektual, 5. https://doi.org/10.37250/newkiki.v4i1.93 Government Publications. (2013).

Gunawan Lien, D. (n.d.). AKTIVITAS KEHUMASAN DALAM KOMUNIKASI BENCANA (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Publikasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB dalam Optimalisasi Komunikasi Bencana). https://bnpb.go.id/

Ivony. (2021, October 15). 35 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli.

Komunikasi: Pengertian Menurut Para Ahli. (n.d.).

Sri Yuliana. (2020, February 5). Mendalami Arti Publikasi Menurut Para Ahli. Publikasi Jurnal Ilmiah Dan PTK.

TABLE I TREATMENT OF CONVEYED INFORMATION BY EMPLOYEES Treatment of information From superiors (in %) From meetings (in %). (n.d.).

Yahya, M., & Penulis, N. (2022). PERAN KEHUMASAN DINAS PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1).

Wasesa, S. A. (2005). Strategi public relation. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31315/paradigma.v27i1.8617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fandi Ahmad Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  

Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan

Published by Faculty of Social Science and Political Science

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

(Kampus Unit II) Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Depok, Yogyakarta 55281

Phone: +62 274 486733. Email: paradigma@upnyk.ac.id

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.