PBM PENGUATAN PROSES PRODUKSI OPERASI, PERLUASAN JARINGAN PEMASARAN, KELOMPOK USAHA BATIK SEKAR JATIMAS BALE CATUR GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Ayu Utami, Danang Yudhiantoro, Indriana Lestari, Muammar Gomareuzzaman

Abstract


Batik Sekar Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta Perluasan Jaringan Pemasaran. Hal ini karena masih kurangnya pengetahuan dalam Penguatan Proses Produksi Operasi, Perluasan Jaringan Pemasaran. Tujuan Pbm ini adalah mengembangkan Kelompok Usaha Batik Sekar Jatimas mandiri secara ekonomi dalam menghasilkan dan memasarkan usaha kerajinan Batik serta perluasan aspek pemasaran secara on line dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut berupa wawancara, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan PbM meliputi: pelatihan dan praktek penguatan proses produksi operasi, pelatihan dan praktek pemasaran berbasis digital marketing, Fasilitasi dan Mentoring digital marketing, Pameran produk komunitas perempuan dan memperluas jejaring. Luaran dari kegiatan PbM adalah metode produksi dan operasi, Pameran produk komunitas perempuan dan memperluas jejaring, pemberian alat pemasaran, pembuatan media sosial serta website untuk pemasaran produk Batik Jatimas secara on line, buku tentang Proses Produksi operasi dan Pemasaran online Usaha Batik, publikasi ilmiah dalam jurnal dan prosiding serta berita online.


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. Kumar, V. Day, George S., 2010, Marketing Research 9 Edition. John Wiley & Sons, Danvers.

Saukah, A. dan Waseso, M. G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

Sujimat, D. A. 2000. Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penelitian bagi Guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo.

Sutanta, E. 2017. Pengantar Teknologi Informasi. Graha Ilmu.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, A. dan Lestari, L. A. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, G. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11123

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11123.g5900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.