PBM PENGUATAN JARINGAN PEMASARAN PRODUK DAN MANAJEMEN KELOMPOK USAHA BATIK SIBOKO BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Kelompok Usaha Batik Siboko berada di Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta, dengan beranggotakan ibu ibu yang bergerak di usaha kerajinan shibori, jumputan dan batik tulis, cap, dan kepret. Permasalahan di Kelompok Usaha Batik Siboko adalah mengembangkan mitra, serta penataan manajemennya dan dalam mengembangkan daerah pemasarannya. Hal ini karena kurangnya pengetahuan dalam manajemen, jejaring dan pemasarannya. Tujuan Pbm ini adalah mengembangkan Kelompok Usaha Batik Siboko mandiri secara ekonomi dalam menghasilkan dan memasarkan usaha kerajinan shibori, jumputan dan batik tulis, cap, dan kepret serta perluasan aspek pemasaran secara on line dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut berupa wawancara, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan PbM meliputi: pelatihan dan praktek pemasaran berbasis digital marketing, Fasilitasi dan Mentoring digital marketing, Pameran produk komunitas perempuan dan memperluas jejaring. Luaran dari kegiatan PbM adalah pemasaran Pameran produk komunitas perempuan dan memperluas jejaring, pemberian alat pemasaran, pembuatan media sosial serta website untuk pemasaran produk Batik Siboko secara on line, buku tentang Pemasaran online Usaha Batik, publikasi ilmiah dalam jurnal dan prosiding serta berita online.
Full Text:
PDFReferences
Saukah, A. dan Waseso, M. G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Sujimat, D. A. 2000. Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan pada Pelatihan Penelitian bagi Guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, A. dan Lestari, L. A. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, G. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Aaker, David A. Kumar, V. Day, George S., 2010, Marketing Research 9 Edition. John Wiley & Sons, Danvers.
Sutanta, E. 2017. Pengantar Teknologi Informasi. Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11125
DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11125.g5902
Refbacks
- There are currently no refbacks.