PEMANFAATAN LIMBAH BUAH CARICA SEBAGAI BAHAN BAKU ECO-ENZYME DI WONOSOBO

Darban Haryanto, Tri Wibawa, Suratna Suratna, Humam Santosa Utomo

Abstract


Program Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) dilaksanakan atas permintaan UD. Pondok Mulya sebagai salah satu UKM pengolahan carica di desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Propinsi Jawa Tengah. Masalah yang dihadapi UD. Pondok Mulya adalah banyaknya limbah buah carica sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Solusinya adalah dengan mengolah limbah carica menjadi eco-enzyme yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organic bagi petani sekitar. Kendala yang dihadapi oleh UD. Pondok Mulya adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan tentang teknolologi eco-enzyme sehingga limbah carica masih terus menjadi kendala. Tujuan program PbM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan UD. Pondok Mulya dalam mengolah eco-enzyme serta meningkatkan kemampuan menjual produk tersebut ke pasaran. Metode yang dilaksanakan adalah pelatihan dan pendampingan produksi serta fasilitasi teknologi tepat guna yang lebih efektif dan efisien. Pelatihan yang telah dilaksanakan adalah pelatihan produksi eco-enzyme dan pelatihan manajemen. Materi pelatihan menggunakan media transfer teknologi berupa modul tertulis, tayangan, dan video serta praktek secara langsung di lapangan. Pendampingan juga diharapkan mampu memastikan program-program perbaikan dilaksanakan secara konsisten. Tim pelaksana dibantu oleh mahasiswa secara intens mendampingi mitra untuk keluar dari permasalahan utama. Tim juga melibatkan mitra secara aktif pada setiap kegiatan. Hal ini karena mitra yang mengetahui pasti permasalahan yang dihadapi, apa yang diinginkan, dan bagaimana menjalankan usahanya sesuai dengan sistem kerja yang diperbarui. Luaran program PbM ini metode dan penerapan teknologi tepat guna (TTG) yang digunakan pada proses pengolahan limbah carica, model pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dibuat secara online, proses pendaftaran produk tersertifikasi PIRT, artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam prosiding seminar nasional, buku tentang produksi dan pemasaran ber ISBN dan hak cipta, poster, video, serta artikel media massa yang dipublikasi secara online.


Full Text:

PDF

References


Dusseldorf, 1987, VDI Design Handbook.www.clemson.edu/ces/cedar/images/d-/d7/VDI.pdf, diakses tanggal 8 Februari 2021.

Ginting, R., 2010, Perancangan Produk. Graha Ilmu, Cetakan Pertama, Yogyakarta.

Kementrian Perindustrian, 2015, Kontribusi UMKM Naik, http://www.kemenperin.go.id/ artikel/ 14002/Kontribusi-UMKM - Naik , diakses 7 Februari 2021.

Kementrian Perindustrian, 2015, Tangkal Krisis, Kadin Minta UMKM Diperkuat, http://kemenperin.go.id/artikel/7684/Tangkal-Krisis,-Kadin-Minta-Peran-UMKM-Diperkuat, diakses 7 Februari 2021.

Santoso, 2013, Pengantar Perancangan Produk. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Nutranta, R., 2005, Forward Engineering Design Metode VDI 2221. Pusat pengembangan bahan ajar, Universitas Mercu Buana, Jakarta.

UU No.20 Tahun 2008, tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11126

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11126.g5904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.