PROMOSI PRODUK UMKM MELALUI BUKU 3D DI DESA BRAJAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH

Oktavia Dewi Alfiani, Ediyanto Ediyanto, Budi Santosa, Lysa Dora Ayu Nugraini, Dessy Apriyanti

Abstract


UMKM merupakan pilar penyangga perekonomian Indonesia, dimana UMKM dapat menyerap tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi lokal, dan pemerataan pendapatan. UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak ketika wabah Covid 19 melanda Indonesia dan seluruh dunia. Untuk dapat bangkit dari kondisi pasca pandemi, setiap pelaku UMKM perlu melakukan strategi baru diberbagai sektor bisnis sebagai langkah untuk beradaptasi dengan ketidak pastian pasar serta meningkatkan daya saing. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan daya saing ini dapat dimulai dari inovasi promosi yang baik dan mengikuti perkembangan jaman. Hal ini berguna untuk menghasilkan posisi yang baik di pasar namun juga dapat menarik konsumen yang lebih banyak.

 Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Brajan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Produk kegiatan pengabdian ini berupa buku 3 dimensi (3D) dari produk UMKM andalan Desa Brajan, yaitu sarung tangan dan teh telang. Buku 3D ini berisikan presentasi produk teh telang dan sarung tangan hasil UMKM Desa Brajan dalam wujud pop-up 3D. Buku ini kemudian digunakan sebagai media promosi dengan format yang lebih menarik dan interaktif dengan harapan dapat meningkatkan pengalaman virtual, kesenangan, sikap, memberikan kesan positif, dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang akan dibeli sehingga diharapkan mampu menarik perhatian konsumen, meningkatkan penjualan, serta menjangkau pasar yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Acha, A., Islami, F. S., & Hutajulu, D. M. (2022). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Melalui Pendampingan Pengemasan Produk (Packaging) di Desa Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Malang. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1119-11125.

Algharabat, R. S., & Abu-Elsamen, A. A. (2013). Modelling the impact of 3D product presentation on online behaviour. International Journal of Electronic Marketing and Retailing , Vol. 5(3).

Algharabat, R., Alalwan, A., Rana, N. P., & Dwivendi, Y. K. (2017). Three Dimentional Product Presentation Quality Antecendents and Their Consequenses for Online Retailers: The Moderate Role of Virtual Product Experience. Journal of Retailing and Consumer Services., 203-2017.

Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia.

Danil, L., Iskandarsyah, T., Irsanti, S. N., & Debby, T. (2023). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro melalui Program Pelatihan Sustaining Competitive dan Responsible Enterprises. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 975-987.

Fitriati, D., Hidayah, N. Y., & Maspiyanti, F. (2021). Membangun Masyarakat Mandiri di Masa Pandemi COvid-19 Melalui Pelatihan Akutansi Biaya Produk dan Teknik Pemasaran Digital. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 911-920.

Pantförder, D., & Vogel-Heuser, B. (2009). Benefit and Evaluation of Interactive 3D Process Data Visualization in Operator Training of Plant Manufacturing Industry. Proceedings of the 2009 IEEE International Conference on Systems, Man, and Cybernetics (pp. 840-845). San Antionio, TX, USA: IEEE.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, M. D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 138-146.

Umdiana , N., Suprihatin, N. S., & Kodriyah. (2018). Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing. Sembadha 2018: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, (pp. 169-176).

Utami, B. S. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Economie.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11127

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11127.g5905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.