PENERAPAN MESIN PENGHANCUR KETELA REBUS DAN MESIN ROLL ADONAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI GETHUK DI DUSUN PLOSODOYONG NGALANG GEDANGSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Gunawan Madyono Putro, Prijoto Prijoto, Dyah rachmawati Lucitasari

Abstract


Sejak tahun 2019 kelompok ibu ibu dasa wisma RT 3 RW 5 dusun Plosodoyong Ngalang mendirikan usaha  aneka olahan gethuk dengan nama  usaha pengolahan gethuk dasa wisma  “Ploso Arum”.  Adapun jenis atau nama olahan gethuk yang dibuat oleh kelompok ini diantaranya adalah: gethuk lindri, gethuk gulung, gethuk singkong gula merah, gethuk lapis Pelangi, gethuk goreng, lempeng dari gethuk, lempeng dari thiwul, dan alen alen yang proses produksinya masih dilakukan secara manual.  Pengabdian    pada bulan Juni sampai Oktober 2023 telah  dilakukan pendampingan terhadap kelompok usaha tersebut.  Pendampingan yang dilakukan adalah meliputi inovasi peralatan/mesin penumbuk ketela rebus dan mesin penghalus adonan gethuk. Inovasi mesin ini    didasarkan atas permintaan dari warga kelompok yang saat ini merasa kuwalahan pada proses produksinya yang masih dilakukan secara manual. Pekerjaan pembuatan gethuk secara manual ini dirasa melelahkan karena waktu menumbuknya lama dan seringkali gethuk yang dihasilkan tidak lembut secara merata.    Pada pengabdian ini    telah memberikan bantuan  mesin penghancur ketela rebus dengan kasipatas 20 kg/ jam dan mesin rolling adonan gethuk dengan kapasitas 15 kg/ jam. Dengan adanya bantuan mesin ini  warga mitra sangat terbantu dan  saat ini produksi olahan gethuk bisa meningkat hingga 3oo%.

Full Text:

PDF

References


Fahmi, I. 2014. Studi Kelayakan Bisnis dan Keputusan Investasi. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Fatmawati, dkk. 2010. Pembuatan Gethuk Beraneka Rasa dengan Bahan Dasar Umbi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarti

Marliyati, Sri Anna., 2002, Pengolahan Pangan Tingkat Rumah Tangga. IPB, Bogor.

Umar, Husein. 2003. Studi Kelayakan Bisnis (Edisi 2), Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11129

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11129.g5907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.