PENINGKATAN KAPASITAS USAHA KELOMPOK WANITA TANI “UMBUL MAKMUR“ MENUJU TERWUJUDNYA KEMANDIRIAN EKONOMI WARGA

Harry Budiharjo Sulistyarso, Didi Nuryadin, Joko Pamungkas, Wahyu Dwi Artaningtyas

Abstract


Kegiatan Pengabdian bagi Masyarakat dengan mitra Kelompok Wanita Tani ( KWT) “UMBUL MAKMUR“, sebuah kelompok yang beranggotakan ibu-ibu petani yang terletak di padukuhan Umbulsari A, desa Sumberharjo, Kapanewon Prambanan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan nilai tambah pada hasil panen pemanfaatan lahan pekarangan yang berupa tanaman sayuran, ternak ayam sederhana, dan ikan lele. Hasil panen tersebut tidak hanya dijual dalam bentuk asli, akan tetapi juga dijual dalam bentuk olahan sehingga lebih memberikan nilai tambah an tentu saja a k a n menambah pendapatan anggota KWT “UMBUL MAKMUR“. Pelatihan pengemasan hasil olahan produk pertanian, dan pengurusan legalitas kelompok sebagai sebuah Kelompok Wanita Tani yang berkekuatan hukum juga telah dilakukan pada periode ini. Pemberian bantuan peralatan produksi, pemberian bantuan permodalan usaha yang dibarengi dengan bekal pengetahuan tentang bagaimana mengemas dan memasarkan hasil produksi secara on line diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian mitra. Pendampingan terhadap mitra juga dilaksanakan selama program PbM 2023 ini berlangsung sedemikian rupa sehingga partisipasi dari anggota KWT semakin meningkat. Evaluasi juga dilakukan guna memantau perkembangan dan juga keberhasilan program. Luaran dari program Pengabdian bagi Masyarakat berupa artikel ilmiah yang dimuat dalam prosiding, HAKI buku ber ISBN, publikasi di media massa/on line, dan poster.


Full Text:

PDF

References


Ariani .A., Utomo,M.N.(2017).Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil danMenengah ( UMKM ) di Kota Tarakan . Jurnal Organisasi dan Manajemen

,13(2),99- 118.

Asse.,Ridhlo Azlam Ambo.(2018).Strategi Pemasaran Online ( Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makasaar. Jurnal Komunikasi KAREBA.7(2),2019-231.

Christine Suharto Cenadi, (2000), “Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran”, Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, Vol. 2 No. 2, ISSN 0215-0905. I

Jesslyn .,Septia Winduwati.(2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id Dalam Memasarkan Produk .Jurnal Prologia.5(1),135-141.

Kartajaya, Hermawan. 1996. Marketing Plus 2000: Siasat Memenagkan Persaingan Global.

Jakarta : Gramedia.

Kotler, P., dan K. L. College. (2016). Marketing Management. Pearson:

Prenticehall Kusmanto.,Heri dan Warjio.(2016).Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan

Menengah .Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial .11(2),320- 327.

Marianne Rosner Klimchuk, & Sandra A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan.

Jakarta: Erlangga.

Nurpratama, M., Anwar, S., Manajemen, P., & Indramayu, U. W. (2020). Penerapan digitalmarketing Bagi Usaha Mikro,Kecildan Menengah(UMKM ) Di Kelurahan Karangmalang ,87–102.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58. Utomo,

M. N., Cahyaningrum, W., & Hasyim, B. (2019). Karakteristik Entrepreneur Dan Kesuksesan Bisnis UMKM

Yohanna,dk.(2016).Upaya Peningkatan Usaha Masyarkat Melalui Pengurusan Ijin Usaha dan Merek .Jurnal Surya .2(1),73-77. 8.

Yulianto,. (2015). Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran IndustriPerhotelan. Jurnal Khasanah Ilmu, 6 (1), 65-




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11130

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11130.g5908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.