INKUBASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK (KIPP) PROVINSI NTT TAHUN 2022

Indriyati Indriyati, Paulus A. Ratumakin

Abstract


Inkubasi inovasi pelayanan publik melalui penyelenggaraan KIPP Provinsi NTT Tahun 2022, merupakan kebijakan peningkatan kualitas pelayanan publik yang perlu diapresiasi.  Dimana ajang   Kompetisi   Inovasi   Pelayanan   Publik   (KIPP)   Provinsi   NTT   Tahun   2022   telah menghasilkan  TOP  10  Inovasi  Terbaik  yang  telah  dikutsertakan  dalam  ajang  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Pusat yang diselenggarakan KemenpanRB Tahun 2023.  Melalui ajang kompetisi tersebut dapat menumbuhkan iklim inovasi sektor publik yang lebih baik, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik dapat terwujud, yang berarti juga berkontribusi  dalam  mewujudkan  tujuan  pembangunan  berkelanjutan  (TPB)  dan  SDGs (Sustanable  Development  Goals).  Kebijakan  ajang  Kompetisi  Inovasi  Pelayanan  Publik (KIPP) Provinsi NTT Tahun 2022 juga mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Provinsi NTT, dan telah melibatkan Tim Penilai yang terdiri dari unsur-unsur yang berbeda profesi dan bidang ilmu, sehingga dapat menjaga netralitas penilaian.


Full Text:

PDF

References


Dema, Herman dkk, 2021, “Tentang Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah Di Kabupaten Bantaeng”. PRAJA, Volume 9, Nomor 2, Edisi Juni

Gallouj, Faiz & Antonello Zanfei, 2013, Innovation in Public Services : Filling a Gab in the Literature, Structural Changes and Economic Dynamics, 27, pp89-97

Holle E.S (2011) “Pelayanan Publik Melalui E-Government: Upaya meminimalisir praktek maladministrasi dalam meningkatkan public service”.

Maleong Lexy,J (2015) “ Metodologi Penelitian Kualitatif ”; Bandung, Remaja Rosdakarya Muluk, Khoirul, 2008, “Knowledge Management Kunci Sukses Pemerintahan Daerah”.

Jatim; Bayumedia Publishing

Pratiwi R, (2012) “ Analsis Best Practise Pengelolaan Pedagang kaki Lima”(Studi pada relokasi pedagang kaki lima monument 45 banjarsari ke Pasar Klithikan Notoharjo- Kota Surkarta”. Universitas Indonesia

Ratminto & Winarsih, (2010), “ Manajemen Pelayanan”, Pustaka Pelajar- Yogyakarta Sahraini, Rini, dkk, 2022,” Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Rumah

Singgah Pasien Dan Keluarga Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai”. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik’. Vol. 3, No.1

Sangkala (2013), “Innovative Government: Konsep dan Aplikasi”.Surabaya: PT. Media Aksara Globalindo

Zulfikar, Andi M. dkk, 2021, “Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Aspirasi Publik Dan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sidrap “,.Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, Vol. 2, No. 4

Permen PANRB No. 89 tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan jaringan Inovasi Pelayanan Publik

Permen PANRB No. 27 tahun 2021 Tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik

Permen PANRB No. 27 tahun 2021 Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik diLingkup Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara dan Badan usaha Milik Daerah

Permen PANRB No. 50 tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik diLingkup Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara dan Badan usaha Milik Daerah




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11134

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11134.g5912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.