PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PRODUK BERBAHAN DASAR IKAN PADA DESA PRIMA RASA MANUNGGAL MOYUDAN SLEMAN

Mohamad Irhas Effendi, Sri Dwi Ari Ambarwati, Muhamad Kundarto, Windy Anindya Pamuji

Abstract


Desa Prima Rasa Manunggal merupakan salah satu desa prima yang berada di Sumberagung, Moyudan, Sleman. Terdapat beberapa masalah yang ada yaitu anggota Desa Prima Rasa Manunggal kurangnya sosialisasi dan pelatihan guna menambah ketrampilannya untuk memanfaatkan potensi bahan baku yang menjadi ikon di Moyudan salah satunya perikanan, selain itu terdapat permasalahan dalam bidang pemasaran dimana anggota Desa Prima belum sepenuhnya paham dan mengerti mengoperasikan media sosial untuk pemasaran. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada Desa Prima yaitu: (1) Sosialisasi manajemen bisnis, (2) Sosialisasi digital marketing, dan (3) Pelatihan olahan ikan lele. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengolahan hasil perikanan yang dapat meningkatkan konsumsi protein ikan di masyarakat, dapat dijadikan sebagai kelompok usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Luaran dari program Pengabdian bagi Masyarakat Internal ini berupa artikel ilmiah yang dimuat dalam prosiding, HAKI buku ber ISBN, publikasi di media massa/online, dan poster.


Full Text:

PDF

References


Agrina. 2010. Tingkat PengetahuanIbu yang Memiliki Balita Dengan Kurang Energi Protein (KEP) Tentang Gizi Balita di Kota Pekan Baru. Jurnal Keperawatan Profesional Indonesia 2(1) 2010 : 18 – 24.

Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media Pembelajaran Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik, 54-62.

Rahayu, D. R. U. S., Piranti, A. S., & Sihwaningrum, I. (2019). Diversivikasi Hasil Olahan Ikan Lele Di Desa Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Dinamika Journal: Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Lele dan Diversifikasi Produk di UMKM Mutiara Timur. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 86-96.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11137

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11137.g5915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.