PBM PENERAPAN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN ONLINE KALURAHAN BOKOHARJO DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL

Meilan Sugiarto, Sylvert Prian Tahalea, Herry Sofyan, Machya Astuti Dewi

Abstract


Kegiatan PbM ini bertujuan melaksanakan pemberdayaan masyarakat di Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman melalui peningkatan kesadaran dan pengetahuan untuk memanfaatkan sistem pelayanan administrasi kependudukan online serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pamong kalurahan dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan sistem pelayanan berbasis online yang diharapkan akuntabilitas dan transparansi pelayanan kebutuhan dokumen masyarakat dapat tercapai secara optimal. Inovasi dilakukan melalui penerapan teknologi informasi dalam bentuk sistem pelayanan administrasi kependudukan secara online. Pendekatan yang digunakan adalah pendampingan partisipatif. Pendampingan dosen terhadap mitra dibantu oleh mahasiswa. Hasil penerapan sistem pelayanan administrasi kependudukan online dinilai mampu meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat Kalurahan Bokoharjo karena menjadi lebih cepat dan transparan bagi warga masyarakat serta adanya kemudahan untuk memonitor proses pengelolaan dokumen yang diajukan masyarakat dari awal sampai selesai yang dapat diakses melalui smartphone.      


Full Text:

PDF

References


Badri, M., 2016. Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi pada Gerakan Desa Membangun). Jurnal Dakwah Risalah. 27 (2) 62–67.

Lambuaso, D. H., Pangemanan, S., & Monintja, D. 2020. Inovasi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Essang Selatan. Jurnal Eksekutif, 2(5).

LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, 2022. Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Moleong, L.J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Cetakan X, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Pemkab Sleman. 2021. Gambaran Umum Kondisi Daerah Sleman.

Rahman, M. 2017. Ilmu administrasi , Volume 1, Sah Media.

Sophian, S. 2016. Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Koperasi Rezeky. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 9(1), 48-55.

Sudirman, A., Muttaqin, M., Purba, R. A., Wirapraja, A., Abdillah, L. A., Fajrillah, F. Simarmata, J. 2020. Sistem Informasi Manajemen, Yayasan Kita Menulis.

Undang-undang RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11140

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11140.g5918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.