PENERAPAN ALAT PENGERING EMPING MELINJO, PEMASARAN ONLINE, DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA SENTRA EMPING MELINJO JUMENENG DESA MARGOMULYO KAPANEWON SEYEGAN, SLEMAN, DIY

Novrido Charibaldi, Sutrisno Sutrisno, Didi Nuryadin

Abstract


Sentra Emping Melinjo Jumeneng terletak di Dusun Jumeneng Desa Margomulyo Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman DIY. Terdapat 10 UKM Emping Melinjo pada Sentra Emping Melinjo Jumeneng. Setiap UKM pada Sentra Emping Melinjo Jumeneng rata-rata mempunyai pekerja sebanyak 3-4 orang. Sentra Emping Melinjo Jumeneng diketuai oleh Ibu Darmi, sentra ini mulai terbentuk pada tahun 1999. Berdasarkan wawancara dengan manajemen sentra didapatkan permasalahan bahwa pengeringan emping melinjo membutuhkan waktu yang lama ketika cuaca mendung atau turun hujan, hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada emping yang akan dikeringkan, sehingga akan menurunkan kualitas emping yang dihasilkan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui program PbM ini telah berhasil membuatkan alat pengering emping melinjo untuk sentra. Adanya alat pengering emping melinjo telah membantu sentra dalam mengeringkan emping melinjo pada saat cuaca mendung atau hujan. Permasalahan kedua yang dihadapi oleh sentra adalah pemasaran yang dilakukan saat ini masih secara offline, belum dikombinasikan dengan pemasaran online, padahal saat ini pemasaran online merupakan ujung tombak pemasaran produk. Untuk mengatasi permasalahan ini, melalui program PbM ini telah berhasil dilakukan pelatihan pemasaran online untuk sentra. Setelah adanya pelatihan tersebut, sentra sudah mulai memasarkan produknya secara online melalui aplikasi pemasaran shopie dan bukalapak. Permasalah ketiga yang dihadapi sentra adalah masih tradisionalnya manajemen usaha yang dilakukan sentra. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui program PbM ini telah berhasilkan dilaksanakan pelatihan manajemen usaha secara sederhana. Setelah adanya pelatihan tersebut, sentra mulai menerapkan pembukuan usaha yang benar.


Full Text:

PDF

References


Astuti, A.R.T., 2019, Manajemen Organisasi : Teori dan Kasus, Pare-Pare, IAIN Parepare Nusantara Press

Dharmamesta, Handoko, 1982, Manajemen Pemasaran, Jakarta, Prenhallindo

Jazuli, A.W., Setyaningsih, N.Y.D., Iqbal, M., 2022, Rancang Bangun Alat Pengering Emping Melinjo Berbasis Arduino, Jurnal Elektro Kontrol, Volume 2, Nomor 2

Kotler, P., 2004, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Jakarta, Prenhallindo

Nugroho, D.A., 2017, Pengantar Manajemen untuk Organisasi Bisnis, Publik dan Nirlaba, Malang, UB Press

Pranata, A., Pramana, S., Faisal, I., 2019, Rancang Bangun Penjemur Emping Melinjo Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di Desa Sukamandi Hilir, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, Volume 2, Nomor 2

Ramadhanti, A.R, Bastikarana, R.S, Alamsyah, A., Widiyanesti, S., 2020, Penentuan Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Analisis Kepribadian Pelanggan Menggunakan Pendekatan Model Ontology, Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 10, Nomor 2, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11142

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11142.g5920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.