PEMANFAATAN LIMBAH HEWAN TERNAK MENJADI BIOGAS DAN PUPUK ORGANIK DUSUN NGENTAK, PONCOSARI, SRANDAKAN, BANTUL

Nur Suhascaryo, Adi Ilcham, Susila Herlambang

Abstract


Dusun Ngentak merupakan salah satu Dusun yang berada di Kelurahan Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Mata pencaharian dari kebanyakan penduduk Dusun Ngentak adalah petani dan peternak sehingga banyak dihasilkan limbah seperti kotoran ternak. Limbah hewan ternak, seperti kotoran dan limbah organik lainnya, jika tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan masalah kesehatan. Bahan sisa dari hasil pengolahan biogas, dinilai kaya akan nutrisi dan dapat digunakan sebagai pupuk organik yang baik untuk pertanian. Oleh karena itu, dirumuskanlah program pemanfaatan limbah hewan ternak menjadi biogas dan pupuk organik bersama dengan Kelompok Ternak Pandan Mulyo di Dusun Ngentak. Tujuan dari program ini adalah untuk merubah limbah menjadi sumber energi yang bernilai, sehingga mengurangi dampak negatif limbah pada lingkungan. Program juga dapat meningkatkan keterampilan masyarakat Dusun Ngentak dalam hal pemanfaatan limbah ternak, dan membuka peluang bagi UMKM baru, serta dapat memberikan manfaat ekonomi serta sosial kepada peternak dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah model pemberdayaan masyarakat partisipatif. Produk dari pemanfaatan limbah hewan ternak sebagai sumber energi biogas diharapkan dapat mengatasi tantangan energi dan limbah organik dalam industri peternakan modern, serta produk pupuk organik dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah, mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, serta menghasilkan hasil pertanian yang lebih baik dan lebih berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Clemens, J., Kohne, S., Neitzel, S. and Schreier, W. 2012. Leakage control of biogas plants. Bioresource technology, 95(1), pp.1-10. 2012. Orbit, pp.1- 8.

Pertiwiningrum, A. 2015. Instalasi Biogas. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Sreekrishnan, T.R., Kohli, S. and Rana, V. 2004. Enhancement of biogas production from solid substrates using different techniques––a review.

Wardana, L. A., Lukman, N., Mukmin, Sahbandi, M., Bakti, M. S., Amalia, D. W., Nababan, C. S. 2021. Pemanfaatan Limbah Organik (Kotoran Sapi) Menjadi Biogas dan Pupuk Kompos. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11147

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11147.g5923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.