PERSEPSI POTENSI RETRIBUSI PARIWISATA PANTAI TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN BANTUL

Sujatmika Sujatmika, Sri Kussujaniatun, Anis Siti Hartati, Budiarto Budiarto

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk mengetahui persepsi potensi retribusi pariwisata Pantai terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Bantul. Pengabdian Masyarakat ini menggunakan data primer dari wawancara Pemerintah Daerah selaku pengelola tempat wisata dan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bantul sebagai pendukung data primer. Metode yang digunakan pada Pengabdian Masyarakat ini adalah metode kualitatif mengenai Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa potensi retribusi pariwisata Pantai Daerah Bantul belum optimal. Persepsi mengenai potensi retribusi pariwisata pantai terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Bantul adalah baik, artinya mampu meningkatkan pendapatan asli daerah.  


Full Text:

PDF

References


Gunawan, dkk. 2005. Pedoman Survey Cepat Terintegrasi Wilayah Kepesisiran (Rapid Integrated Survey for Coastal Area). Pusat Survey Sumberdaya Laut Bakosurtanal dan PUSPICS Fakultas Geografi UGM : Yogyakarta.

Jayadinata, Johara T. 2000. Perencanaan Pembangunan Prasarana atau Infrastruktur Pekerjaan Umum di Pedesaan. Menteri Negara Pekerjaan Umum : Forum Komunikasi Pembangunan Pedesaan, Urusan Pedesaan, Bidang Prasarana/ Sarana Kawasan Terbangun.

Ritohardoyo, Su. 2006. Bahan Ajar Ekologi Manusia. Yogyakarta : Program Studi Ilmu Lingkungan, Sekolah Pasca Sarjana UGM.

Robbin, Stephen P. 2001. Organization Theory : Structure, Design and Applications, (Terjemahan Hadyana Pujaatmaka

Benyamin Molan.2006). Jakarta : Prenhallindo.

Sangarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1987. Metode Penelitian Survai. Yogyakarta : LP3ES. Susantono, Bambang. 2012. Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah. Jakarta : UI Press. Walgito, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11153

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11153.g5929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.