PENINGKATAN NILAI JUAL DAN DIVERSIFIKASI PRODUK SALAK MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN CUKA SALAK KEPADA PETANI SALAK DESA PULESARI

Yuli Ristianingsih, Dian Purnami Handayani, Susanti Rina Nugraheni, Hari Kusuma Satria Negara

Abstract


Desa wisata pulesari terletak di padukuhan Becici, desa Wonokerto, kecamatan Turi, kabupaten Sleman, provinsi DIY. Desa wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena memiliki pesona alam yang cukup menarik, beragam budaya, sejarah, kuliner serta wahana wisata baik wisata alam maupun wisata edukatif. Sejak pandemi covid 19 melanda Indonesia, kunjugan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke desa wisata pulesari ini menurun drastis sehingga mengakibatkan pendapatan masyarakat sekitar menurun. Untuk menopang perekonomian yang sebelumnya bersumber pada kunjungan wisatawan, maka masyarakat sekitar desa wisata pulesari mulai beralih mengembangkan produk olahan salak yang merupakan salah satu komoditas pertanian yang dihasilkan di desa wisata pulesari tersebut. Produk olahan salak sebelumnya sudah pernah dikembangkan oleh warga, akan tetapi karena keterbatasan SDM dan pemasaran mengakibatkan usaha produk olahan salak tersebut tidak dapat berkembang dan akhirnya gulung tikar. Untuk itu diperlukan peranan perguruan tinggi untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat tentang pengembangan produk olahan salak serta pemasaran produk. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi:  memberikan penyuluhan tentang pembuatan produk olahan salak (cuka salak) menggunakan media ceramah dan tayangan video serta melakukan praktek secara langsung di lapangan. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh dosen yang dibantu mahasiswa tentang pengolahan cuka salak, packing produk, pelabelan serta pemasaran, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan produk olahan salak sehingga dapat meningkatkan pendapatan masayarakat di desa wisata pulesari.


Full Text:

PDF

References


Febriani, D. R., & Azizati, Z. (2018). Pembuatan Cuka Alami Buah Salak dan Pisang Kepok Beserta Kulitnya Teknik Fermentasi. Walisongo Journal of Chemistry, 1(2), 72. https://doi.org/10.21580/wjc.v2i2.3105

Putu, N., Sari, S. P., Wayan Wisaniyasa, N., Hatiningsih, S., Korespondensi, P., Ni, :, & Wisaniyasa, W. (2022). Itepa: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, Pengaruh Jenis Salak (Salacca edulis R.) dan Konsentrasi Gula Terhadap Karakteristik Wine. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan, 11(2), 226–226.

Rahayu Fita Ismi, & Suparti. (2015). Pemanfaatan Salak (Salacca zalacca) Sebagai Alternatif Pembuatan Cuka Buah Dengan Penambahan Konsentrasi Acetobacter aceti yang Berbeda.

Zubaidah Elok, & F Izzati Nuril. (2015). Efek Cuka Apel dan Cuka Salak terhadap Penurunan Glukosa Darah dan Histopatologi Pankreas Tikus Wistar Diabetes Effects of Apple Vinegar and Salacca Vinegar on Reducing Blood Glucose and Pancreatic Histopathology of Diabetic Wistar Rats.

https://desawisatapulesari.wordpress.com, diakses tanggal 30 September 2023




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11154

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11154.g5930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.