IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAMPOENG ENGLISH PENARUNGAN

I Made Agus Putrayasa, Ni Nyoman Sri Astuti

Abstract


Kelompok Kampoeng English Penarungan merupakan mitra yang tidak produktif secara ekonomi, memberikan layanan pendidikan secara non formal dengan berfokus pada kearifan lokal Bali yaitu seni dan budaya. Menggunakan konsep pembelajaran di luar kelas (outdoor study) dengan berbagai permainan sebagai media transformasi konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran. Layanan pendidikan ini dimulai pada bulan September tahun 2016, dengan anak didik dari umur 4 tahun sampai dengan 12 tahun. Pada tahun 2019 jumlah anak-anak  berjumlah 105 orang dengan 3 relawan guru pengajar. Kegiatan Kampoeng English berlokasi di Desa Sibangkaja dan di Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali yang sekaligus sebagai basecamp bagi pengembangan layanan Pendidikan. Pengembangan layanan pendidikan non formal yang berkelanjutan pada era globalisasi ini menuntut Kampoeng English terus melakukan pengembangan pola pendidikan yang selalu memperhatikan kearifan lokal seni dan budaya Bali. Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan  dilakukan dengan membuat meja belajar, rak buku untuk perpustakaan mini, penambahan LCD proyektor beserta layar proyektor, papan tulis, serta penataan lingkungan belajar di luar kelas. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4270

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4270.g3179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.