PENDAMPINGAN TATA KELOLA TERAPI CEREBRAL PALSY DAN UMKM CAMILAN THE KRIPIK DENGAN E-COMMERCE

Paryati Paryati

Abstract


Program PbM ini dilaksanakan dengan latar belakang semakin banyaknya dan meningkatnya jumlah usaha mikro terapi cerabi palsy dan camilan the kripik di Kulon Progo, yang tidak diikuti dengan tata kelola manajemen pemasaran berbasis sistem informasi web sehingga hal tersebut akan menimbulkan permasalahan dalam hal menangani jumlah anggota dan pembuatan laporan keuangan serta kesulitan dalam pemasaran produksi kerajinan itu. Padahal usaha mikro kerajinan ini merupakan kelompok usaha  yang menangani hal penting yaitu tata kelola usaha mikro terapi cerabi palsy dan camilan the kripik dan pemasaran hasil produksi yang harus dibuatkan laporan kepada seluruh anggota melalui rapat setiap tahun.

Metode yang digunakan dalam menangani permasalahan usaha mikro kerajinan ini sekaligus menjadi luaran adalah dengan menciptakan dan membuat perangkat lunak sistem informasi web tentang tata kelola usaha mikro terapi cerabi palsy dan camilan the kripik yang meliputi sejarah, proses dan cara pembuatan, produksi, galeri kerajinan batik dan tas rajut, anggota kelompok usaha mikro dan tata kelola manajemen keuangan yang berstandar akuntansi dan pemasaran produksi berbasis web. Pelatihan dan pendampingan penggunaan program aplikasi web untuk mitra dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Tujuan PbM ini adalah menciptakan dan membangun sebuah sistem informasi Web yang dapat mengatasi permasalahan tata kelola manajemen produksi dan keuangan serta pemasaran hasil produksi seluruh anggota. Adapun pengelolaan keuangan seluruh anggota kelompok usaha mikro terapi cerabi palsy dan camilan the kripikdan tata kelola manajemen produksi pemasaran berstandar akuntansi dengan aplikasi web.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4274

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4274.g3183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.