PENGELOLAAN DESAIN VISUAL PADA KONTEN MEDIA SOSIAL DAN PERLINDUNGAN KEKAYAAN INTELEKTUAL MEREK DAGANG PADA PERKUMPULAN WONOSANTRI KOPI ARJUNO MALANG

Kartika Ayu Ardhanariswari, Ninik Probosari, Krisnandini Wahyu Pratiwi

Abstract


Kopi merupakan tanaman yang hidup dengan subur di wilayah tropis-sub tropis. Secara geografis Desa Toyomarto terletak di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, tepatnya di lereng Gunung Arjuno. Budidaya kopi ini berpotensi bisa meningkat dan berkembang jika mampu dimanfaatkan dengan baik dengan tetap menjaga kualitas, namun dengan tambahan kuantitas Sumber Daya Manusia yang terlatih. Maka terbentuklah perkumpulan Wonosantri inisiasi petani dan pelaku UMKM produk kopi Arjuno Malang, sebagai sarana penyampaian ilmu serta wadah interaksi antara pelaku dan stakeholder terkait. Tujuan program pengabdian masyarakat ini untuk meningkatan strategi branding produk kopi dan perlindungan kekayaan intelektual merek dagang melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan desain visual pada konten media sosial dan fasilitasi pendaftaran merek dagang. Metode pelaksanan dimulai dari koordinasi analisis situasi permasalahan mitra kemudian sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Luaran yang dihasilkan yang adalah pengelolaan konten desain visual pada media social Instagram dan pendaftaran 5 merek dagang dari perkumpulan kopi Wonosantri Malang yaitu, Alir, Emak Bodean, Katinden, Edukopi dan Wonosantri. Selain itu pengabdi membuat buku panduan desain komunikasi visual perancangan branding pada produk kopi yang sudah terdaftar Hak Cipta dan ISBN. Hasil yang ingin dicapai dari pengabdian masyarakat ini meningkatnya kesadaran anggota UMKM pada perkumpulan Wonosantri akan pentingnya branding pada pengelolaan desain promosi pada media social Instagram dalam mengingkatkan strategi pemasaran, serta pentingnya perlindungan kekayaan intelektual merek dagang agar  terlindungi dari penyalahgunaan pihak lain.


Full Text:

PDF

References


Budiarto, Rachmawan; Susetyo Hario Putero; Hempri Suyatna, dan Puji Astuti. 2016. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis Ekonomi & Bisnis. UGM Press: Yogyakarta.

Nastain, M. 2017. Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Branding melali media sosial. Penerbit Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Redono, Daru. 2013. Simple Promotion dan Branding untuk Usaha Kecil Menengah. Penerbit Universitas Brawijaya Press (UB Press): Malang.

Susanto, A.B. dan Wijanarko, 2004. Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management dan Strategy. Jakarta: Penerbit ANDI.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v2i1.6177

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v2i1.6177.g4006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.