EDUKASI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN TANAMAN PORANG DAN EMPON-EMPON DI KAPANEWON SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Sumarwoto Sumarwoto, OS Padmini, Dwi Aulia Puspitaningrum

Abstract


Lahan milik UPNVY yang ada diwilayah Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten  Gunungkidul berupa  lahan potensial di bawah tegakan pohon sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. Baik secara produktivitasnya mapun yang bersifat edukasi untuk masyarakat sekitar.  Pada tahun sebelumnya telah dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya porang. Untuk dapat lebih mengoptimalkan penggunaan lahan dan meningkatkan pendapatan serta edukasi kepada masyarakat sekitar, maka dilakukan pengembangan budidayanya dengan tumpangsari porang – empon-empon. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan, dan edukasi bagi masyarakat sekitar lahan sehinga dapat meperoleh hasil tambahan, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Pelaksanaan program, dilakukan menggunakan metode RRA (Rapid Rural Appresial) dan PRA (Partisipatori Rural Approach), yang merupakan metode pendekatan yang filosofinya dikenal untuk memahami desa secara cepat. Dilaksanakan dengan cara  Focus Group Discussion (FGD), edukasi kepada masyarakat, sosialisasi komoditas, manfaat komoditas, cara budidaya, penanganan panen dan proses pasca panen, serta pengemasan dan pemasaran yang menguntungkan. Agar berhasil, perlu dilakukan melalui edukasi yang diakhiri dengan evaluasi dan monitoring secara terjadwal. Penerapan metode, berupa kegiatan dengan pemberian “demplot” budidaya porang tumpangsari empon-empon dan pendampingan terkontrol, sehingga kelak dapat melakukan budidaya sekaligus penanganan panen dan proses pasca panen serta perhitungan usaha tani dengan baik dan benar. Hasil kegiatan diharapkan dapat bermanfaat dan mampu mengoptimalkan penggunaan lahan dan peningkatan pendapatan masyarakat sekitar lahan UPNVY.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2006. Panduan Pengambilan Data dengan Metode Rapid Rural Appraisal (RRA) dan Participatory Rural Appraisal (PRA), Vol 2. Kerjasama antara Program Rehabilitasi dan Pemulihan Cadangan Sumberdaya Alam Satker Rehabilitasi dan Pengelollan Terumbu Karang (COREMAP II) dengan Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan , dan PT. Bina Marina Nusantara (Konsultan Kelautan dan Perikanan) Kantor: Gedung Sarana Pengembangan Usaha Lt.8, Jl. Angkasa Blok B-9 Kav 6 Kota Baru, Bandar Kemayoran, Jakarta 10720 Telp. (021) 6546630, Fax. (021) 6546631, E-mail: binamarina @cbn.net.id

BPS, 2019. Kabupaten Gunung kidul dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Deptan, 2002. Pertanian organik. Departemen Pertanian RI, Jakarta.

Sumarwoto, 2012. Budidaya Iles-iles Kuning untuk Kesejahteraan Masyarakat, dalam Budiadi, Permadi D.P., Umi, L.P. (Eds)., Agroforestri Porang, Masa Depan Hutan Jawa, Indonesia Managing Higher Education For Relevance and Effeciency (IMHERE). Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta.

Sumarwoto dan Priyanto, S., 2020. Tenik Budidaya dan Ciri Iles-iles Kuning (Amorphophallus muelleri Blume) “Porang”. Penerbit LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta.

Suwandi, 2018. Perbedaan tanaman Porang dengan jenis Iles-iles lain. Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v2i1.6202

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v2i1.6202.g4020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.