Model Kreatifitas Masyarakat di Masa Pandemi Covid, Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat

Indriyati Indriyati, Dorotea Rosada Eka Dei, Teofilus Aldo Noel Rumengan

Abstract


Masa pandemi covid 19 telah berdampak besar dalam aspek ekonomi pada masyarakat di wilayah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Sehingga kondisi sosial tersebut harus mampu disikapi dengan bijaksana..  Salah satunya dengan meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk tujuan pemberdayaan, dengan mengembangkan kreatifitas seperti pembuatan hansanitizer rumahan dan pembuatan pupuk bokasi yang bernilai ekonomis.  Maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengurangi dampak ekonomi masa pandemi Covid-19 serta menambah wawasan masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengelola sumber daya yang ada di lingkungan sekitar. Metode kegiatan dilakukan dengan mengedukasi masyarakat di lokasi sasaran kegiatan,  dan membuat video tutorial proses pembuatan yang kemudian dibagikan ke media sosial peserta PPM.  Hasilnya tercipta produk kreatifitas masyarakat yang cukup bernilai ekonomis dan minim modal.  Berdasarkan hasil kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat dilatih untuk memanfaatkan tanaman herbal untuk pengobatan, serta memamfaatkan limbah mebel dan limbah organik dengan diberikan pengetahuan kreatifitas.


Full Text:

PDF

References


Azimah, R. N., Khasanah, I. N., Pratama, R., Azizah, Z., Febriantoro, W., & Purnomo, S. R. S. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Klaten Dan Wonogiri. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(1), 59–68.

Fatmawati, F. (2020). Edukasi Penggunaan Hand Sanitizer Dan Pembagian Hand Sanitizer Disaat Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 432– 438.

Lestari, P. M., & Pahriyani, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Perasaan Buah Jeruk Nipis Bagi Guru, Siswa Siswi Sma Dan Smk Mutiara 17 Agustus Kelurahan Teluk Pucung Bekasi Utara. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 7(2).

Retno, S., Isadiartuti, D. Uji efektifitas sediaan gel antiseptic tangan yang mengandung etanol dan triklosan. 2005. Majalah Farmasi Airlangga. [13 Januari 2011].




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.8344

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.8344.g4869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.