Analisis Tingkat Pencemaran Airtanah Akibat Limbah Vinasse berdasarkan Metode Indeks Pencemaran di Padukuhan Mrisi, Kalurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan

Evi Erinda, Ika Wahyuning Widiarti, Nandra Eko Nugroho, Muammar Goemaruzzaman, Aditya Pandu Wicaksono

Sari


Limbah yang dihasilkan dari produksi alkohol disebut limbah cair vinasse. Karakteristik limbah vinasse memiliki suhu yang tinggi (80oC), memiliki pH asam (2-4,5), berwarna kehitaman, bau menyengat, dan bersifat korosif. Dalam memproduksi 1 L Alkohol menghasilkan 15 L limbah cair vinasse. Sebagian limbah ini diolah sebagai pupuk cair, namun sebagian lagi masih belum terkelola dan dibuang ke lingkungan dan berakhir di Anak Kali Bedog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pencemaran airtanah dengan Metode Indeks Pencemaran. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling berdasarkan pertimbangan jarak sumur dengan irigasi vinasse serta arah aliran airtanah. Sampel diambil dari 10 titik air sumur dan 1 titik air dari outlet irigasi vinasse. Metode analisis laboratorium dilakukan untuk mengetahui kualitas airtanah terhadap parameter pH, TDS, BOD, COD, dan Sulfida. Hasil analisis status mutu airtanah dengan Metode Indeks pencemaran, daerah penelitian memiliki 2 kelas pencemaran, yakni tercemar ringan dengan nilai IP 2,7332-3,3640 dan tercemar sedang dengan nilai IP 5,1088-5,7014.

Kata Kunci


Vinasse; Purposive Sampling; Status Mutu Air; Indeks Pencemaran; Pencemaran Airtanah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Birawida, Agus Bintara dan Musdalifah. 2022. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran di Danau Universitas Hasanuddin. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Evizal, Rusdi dan Tohari. 2010. Pengaruh Tipe Agroekosistem Terhadap Produktivitas dan Keberlanjutan Usahatani Kopi. Yogyakarta: Fakultas Universitas Gadjah Mada, Yogtakarta.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 115 Tahun 2023 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Baku Mutu Air.

Purnamasari, Indah dan Dewi Purnama. 2017. Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) di Tambak Intensif. Bengkulu: Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Rahma, Isna Indah. 2022. Potensi Kerentanan Airtanah dengan Metode Drastic Terhadap Limbah Cair Peternakan Sapi di Kalurahan Kulwaru, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta : Program Studi Teknik Lingkungan, UPN “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

Rukmana, Vikaya Yulinda. 2022. Rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Tambak Udang Berdasarkan Tingkat Pencemaran pada Kawasan Laguna Trisik, Kalurahan Banaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta. Yogyakarta : Program Studi Teknik Lingkungan, UPN “Veteran” Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11641

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11641.g6121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR