Rancangan Desain IPAL Untuk Pengendalian Pencemaran Air Sungai akibat Limbah Tambak Udang Vaname di Kalurahan Jangkaran, Kabupaten Kulon Progo, DIY

Elvin Relingga, Ayu Utami, Agus Bambang Irawan

Sari


Pembudidayaan udang berjenis vaname semakin berkembang. Pemanfaatan Kawasan pesisir yang diubah menjadi tambak udang oleh masyarakat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah pencemaran air sungai akibat pembuangan limbah yang tidak dikelola terlebih dahulu, alhasil menyebabkan lingkungan sekitar tambak udang menjadi rusak dan mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat merancang desain IPAL untuk mengatasi tingkat pencemaran air sungai di Kawasan tambak udang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan tahapan-tahapan yang terdiri dari metode survei dan pemetaan; ujilaboratorium dengan parameter berupa BOD, DO, TSS, Fosfat, dan Amonia; serta analisis dengan metode deskriptif untuk mengetahui rancangan desain IPAL berdasarkan hasil uji dan karakteristik zat pencemaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa air sungai melebihi baku mutu dengan parameter yang diuji yaitu BOD 4,764 mg/L, DO 4,194, TSS 120,4 mg/L, Amonia 1,7064 mg/L, dan Fosfat 0,3008 mg/L. Hasil perhitungan indeks pencemaran air menunjukkan air sungai tercemar ringan hingga tercemar sedang. Arahan pengelolaan untuk mengatasi hal ini adalah dengan Pembangunan instalasi pengolahan air limbah dengan desain instalasi yang terdiri dari 6 bak diantaranya bak ekualisasi, bak pengendapan awal, bak biofilter anaerob, bak biofilter aerob, bak pengendapan akhir, dan bak pengolahan lumpur.

Kata Kunci


Air Limbah, Indeks Pencemaran, Instalasi Pengolahan Air Limbah, Tambak Udang, Udang Vaname

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Birawida, Agus Bintara dan Musdalifah. 2022. Analisis Kualitas Air dan Beban Pencemaran di Danau Universitas Hasanuddin. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Evizal, Rusdi dan Tohari. 2010. Pengaruh Tipe Agroekosistem Terhadap Produktivitas dan Keberlanjutan Usahatani Kopi. Yogyakarta: Fakultas Universitas Gadjah Mada, Yogtakarta.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 115 Tahun 2023 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Baku Mutu Air.

Purnamasari, Indah dan Dewi Purnama. 2017. Pertumbuhan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) di Tambak Intensif. Bengkulu: Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Rahma, Isna Indah. 2022. Potensi Kerentanan Airtanah dengan Metode Drastic Terhadap Limbah Cair Peternakan Sapi di Kalurahan Kulwaru, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta : Program Studi Teknik Lingkungan, UPN “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

Rukmana, Vikaya Yulinda. 2022. Rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Tambak Udang Berdasarkan Tingkat Pencemaran pada Kawasan Laguna Trisik, Kalurahan Banaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta. Yogyakarta : Program Studi Teknik Lingkungan, UPN “Veteran” Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11643

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11643.g6123

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR