Pengaruh Constructed Wetland dengan Penambahan Bahan Organik (Kompos dan Tandan Kosong Kelapa Sawit) terhadap Nilai pH, Besi (Fe), dan Mangan (Mn) pada Air Asam Tambang Batubara

Salsabila Agra Siwi, Rr. Dina Asrifah, Aditya Pandu Wicaksono, Ayu Utami, Eni Muryani

Sari


Pengolahan air asam tambang dengan kandungan logam terlarut berupa besi (Fe) dan mangan (Mn) saat ini cenderung hanya dengan menambahkan bahan kimia. Namun, hal tersebut membutuhkan biaya yang besar dan harus dilakukan secara terus-menerus. Oleh sebab itu penerapan sistem lahan basah buatan (constructed wetland) menggunakan tanaman dan penambahan bahan organik dapat menjadi pilihan alternatif, karena tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi dan mekanismenya lebih sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh constructed wetland dengan penambahan bahan organik terhadap pH dan konsentrasi logam Fe dan Mn. Penelitian ini menggunakan 12 reaktor yang terbagi atas empat perlakuan, dengan perbedaan komposisi bahan organik. Pada setiap reaktor diisi dengan air asam tambang, tanah, bahan organik dan tanaman ekor kucing (Typha latifolia). Bahan organik yang digunakan berupa kompos dan tandan kosong (tankos) kelapa sawit. Masing-masing parameter (pH, Fe, dan Mn) diukur setiap lima hari selama 15 hari. Data yang dihasilkan selanjutnya dihitung menggunakan rumus efektivitas dan dianalisis menggunakan uji two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa constructed wetland dengan penambahan bahan organik mampu meningkatkan pH dari 3,8 menjadi 7,39 serta menurunkan konsentrasi Fe dari 3,2 mg/l menjadi 0,11 mg/l dengan efektivitas 96,46% dan Mn dari 6,5 mg/l menjadi 0,03 mg/l dengan efektivitas 99,49%.

Kata Kunci


Air Asam Tambang; Bahan Organik; Kompos; Lahan Basah Buatan; Tankos Sawit; Typha latifolia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hakim, M., Wibowo, A., Hasyim, D., Afandi, T., Alimano, M., Suwondo, S., dan Ratnaningsih. (2009). Penelitian Penanggulangan Air Asam Tambang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Nugraha FA, Kirmi H, Haryanto B, Afiffa M. (2020). Analisis Penggunaan Media Tandan Sawit dan Kompos dengan Sistem Aerobic Wetland dalam Mengolah Air Asam Tambang. SPECTA Journal of Technology, 4(2), Pp 35 - 44.

Mardhiati, L., Prihatini, N., dan Nilawati, I. (2021). Variasi Bahan Organik pada Media Lahan Basah Buatan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Nirtha, I., Prihatini, N., dan Pronawati, L. (2021). Penggunaan Lahan Basah Buatan Aliran Vertikal Bawah Permukaan dengan Tanaman Typha latifolia dan Cyperus papyrus dalam Menyisihkan Besi (Fe) dan Mangan (Mn) pada Air Sumur Bor. Jukung Jurnal Teknik Lingkungan,7(1), Pp. 95–102.

Nivala, J., Afferden, M., Hasselbach, R., Langergraber, G., Molle, P., Rustige, H., dan Nowal, J. (2018). The New German Standard on Constructed Wetland Systems for Treatment of Domestic and Municipal Wastewater. Water Science and Technology, 78(11), Pp. 2414–2426.

Panca, A., Bargawa, W., Nurcholis, M., dan Cahyadi, T. (2018). Penerapan Wetland untuk Pengelolaan Air. Kurvatek 03(2), Pp. 41–46.

Rahmawati, A. S. dan Erina, R. (2020). Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan Uji Anova Dua Jalur. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), Pp. 54–62

Ramadhani, J., Asrifah, R. D., dan Wahyuning, I. (2019). Pengolahan Air Lindi Menggunakan Metode Constructed Wetland di TPA Sampah Tanjungrejo, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian, 1(2), 1–8.

Riani, S. D. (2020) Peranan Bahan Organik pada Media Buatan untuk Pengelolaan Air Asam Tambang. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Sekarjannah, F. A. (2019). Pengelolaan Air Asam Tambang pada Sistem Lahan Basah Buatan (Constructed Wetland) dengan Menggunakan Tanaman Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) dan Penambahan Bahan Organik. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11655

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11655.g6136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR