Analisis Kualitas Udara Ambien berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Area Tambang Tanah Liat PT X, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Gista Adi Manggala, Agus Bambang Irawan, Nandra Eko Nugroho, Titi Tiara Anasstasia, Ayu Utami

Sari


Penambangan tanah liat PT X menggunakan metode surface mining yaitu penambangan di permukaan tanah atau dataran. Proses-proses dalam penambangan tersebut dapat berdampak pada penurunan kualitas lingkungan salah satunya yaitu penurunan kualitas udara. Penurunan kualitas udara tersebut merupakan dampak dari sumber pencemar yang ada seperti emisi dari alat yang beroperasi dan partikel debu yang tersuspensi ke udara selama proses penambangan, sehingga diperlukan analisis kualitas udara untuk mengetahui dampak dari kegiatan penambangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kualitas udara ambien dengan menggunakan perhitungan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Penelitian ini dilakukan di tambang tanah liat PT X dan area pemukiman di sekitarnya. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kualitas udara ambien yaitu Particulate Matter 10 µm (PM10) dan Particulate Matter 2,5 µm (PM2,5). Tata cara perhitungan ISPU dan penentuan kategori ISPU didasarkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020 tentang Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Hasil penelitian menunjukkan nilai ISPU berdasarkan parameter PM10 di titik (a); (b); (c); dan (d) masuk dalam kategori baik sedangkan nilai ISPU berdasarkan parameter PM2,5 di titik (a); (b); (c) masuk dalam kategori baik dan titik (d) masuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci


Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU); Kualitas Udara Ambien; PM10; PM2,5

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fithri, N. K., Handayani, P., & Vionalita, G. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Jumlah Mikroorganisme Udara dalam Ruang Kelas Lantai 8 Universitas Esa Unggul. Jurnal Bunga Rampai, 13(01).

Muliane, U., & Lestari, P. (2011). Pemantauan Kualitas Udara Ambien Daerah Padat Lalu Lintas dan Komersial DKI Jakarta: Analisis Konsentrasi PM2, 5 dan Black Carbon. Jurnal Teknik Lingkungan, 17(2), 178-188.

Sasmita, A., Andrio, D., & Hasibuan, P. (2019). Pemetaan Sebaran Partikulat Dari Pembakaran Limbah Padat Industri Pengolahan Sawit, Di Kabupaten Kampar, Riau. Jurnal Sains dan Teknologi, 18(2), 57-67.

Sepriani, K. D., Turyanti, A., & Kudsy, M. (2014). Sebaran Partikulat (PM10) Pada Musim Kemarau di Kabupaten Tangerang dan Sekitarnya. Jurnal Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, 15(2), 89-100.

Siwi, A. Y. W., Yudono, A. R. A., & Nugroho, N. E. (2023). Degradasi Lingkungan Akibat Aktivitas Penambangan Rakyat di Dusun Srumbung, Kalurahan Segoroyoso, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, DIY. Prosiding SATU BUMI, 4(1).

Tiffany, C., Winarno, T., & Marin, J. (2020). Kualitas Batuan di Tambang Tanah Liat Sebagai Bahan Campuran Semen PT Semen Gresik Kabupaten Rembang. Jurnal Geosains dan Teknologi, 3(2), 96-106.

Vebriani, H., Wijaya, R. A. E., & Putra, B. P. (2020). Analisis Kestabilan Lereng pada Tambang Kuari Tanah Liat Mliwang Timur Pt. Semen Indonesia (Persero) Tbk Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Mining Insight, 1(01), 71-77.




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11658

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v5i1.11658.g6139

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR