Peranan UAV dalam Perencanaan Bangunan pada Kawasan Ancaman Longsor Tinggi di Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong Bagian Utara

Mohammad Al ‘Afif, Puguh Dwi Raharjo, Sueno Winduhutomo, Eko Puswanto, Dimas Aryo Wibowo

Sari


Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, Jawa Tengah merupakan Kawasan dengan fungsi edukasi, konservasi, wisata serta pemberdayaan masyarakat menuju pembangunan berkelanjutan. Dalam pemerataan pembangunan terutama sektor-sektor penting sangat diperlukan. Ancaman longsor pada bagian utara Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong, terutama Kecamatan Sadang memiliki kriteria ancaman tinggi hingga sedang, dan hanya sedikit yang memiliki kriteria rendah. Hal ini menjadi masalah dalam pembangunan apabila tidak dilakukan pemetaan secara detail. Teknologi akuisisi data menggunakan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dapat digunakan untuk melakukan pemetaan secara cepat dan detail dengan biaya lebih terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kelayakan lokasi yang dimiliki pemerintah daerah terkait sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan bangunan strategis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis spasial dan pengukuran lapangan. Pemotretan udara dilakukan dengan resolusi spasial antara 2-3cm cm dengan ketinggian jelajah UAV antara 100 – 120 m di atas permukaan tanah. Berdasarkan hasil pemotretan udara didapat data model spasial dan bangunan fisik berupa kantor masih dapat direncanakan pada lokasi lain.

 

Kata Kunci: UAV, longsor, spasial, model, Geopark Karangsambung-Karangbolong

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Marfai, M. (2014). Analisis Dinamika Pantai di Teluk Baron Menggunakan Teknologi Pesawat Tanpa Awak. Prosiding Pekan Ilmiah Tahunan Ikatan Geograf Indonesia (PIT IAGI). IAGI.

Pelletier J.D., M. B. (1997). Scale-invariance of soil moisture variability and its implications for he frequency-size distribution of landslides. Engineering Geology, Vol 48 no 3.

Plank S., T. A. (2016). Landslide Mapping in Vegetated Aeras Using Change Detection Based on Optical and Polarimetric SAR data. Remote Sensing, vol 8 no 4 .

Raharjo, P. D., Al afif, M., Winduhutomo, S., Widayanto, K., (2019). Peranan Geomorfologi dalam Perencanaan Bangunan pada Zona Ancaman Longsor Tinggi. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi.

Wulan, T. R. (2017). Pemetaan Cepat Kawasan Terdampak Bencana Longsor dan Banjir di. Majalah Geografi Indonesia Vol.31, 44-50.

Zyd, R. A. (2014). ANALISA BENCANA TANAH LONGSOR DENGAN MENGGUNAKAN UAV-PHOTOGRAMMETRY (Studi Kasus : Desa Ngrimbi, Kabupaten Jombang). JURNAL TEKNIK POMITS.




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v2i1.4442

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v2i1.4442.g3250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR