Penggunaan Life Cycle Assessment dalam Penilaian Resiko Dampak Lingkungan dan Pemilihan Alternatif Teknologi di Pertambangan Batubara Indonesia

Annisa Luthfia, Muhammad Sonny Abfertiawan, Siska Nuraprianisandi, Kris Pranoto, Pascal Randolph Samban, Apridawati Elistyandari

Sari


Pertambangan merupakan salah satu industri dengan kompleksitas tinggi yang melibatkan aktivitas dan peralatan yang sangat besar dan beragam. Industri ini beroperasi dengan karakteristik yang unik dan spesifik sehingga memiliki tantangan yang berbeda-beda. Selain dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian, industri pertambangan juga memiliki potensi dampak terhadap lingkungan. Isu dampak lingkungan menjadi perhatian serius bagi seluruh pemangku kepentingan. Oleh karena itu, dalam pengoperasiannya, pertambangan harus dapat mengedepankan kaidah penambangan yang baik dengan memperhatikan upaya-upaya pengendalian dampak lingkungan. Salah satu metode penilaian potensi resiko dampak lingkungan yang dapat digunakan di industri pertambangan yakni Life Cycle Assessment (LCA) atau Penilaian Daur Hidup. LCA merupakan metode yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi potensi dampak lingkungan di setiap tahapan kegiatan penambangan dan pengolahan komoditas. Metode ini dapat memberikan informasi yang komprehensif terkait peluang-peluang atau opsi-opsi teknologi atau metode yang dapat dipilih dan dilakukan untuk memperbaiki performa pengelolaan lingkungan maupun upaya pencegahannya. Selain itu, LCA juga dapat memberikan informasi yang terukur terkait kinerja pengelolaan lingkungan dari setiap tahapan penambangan yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam perencanaan kegiatan penambangan serta memberikan peluang menjadi strategi pemasaran produk hasil tambang kepada konsumen atas upaya-upaya perlindungan lingkungan. Makalah ini disajikan untuk memberikan gambaran penggunaan LCA dalam penilaian resiko dampak lingkungan dan pemilihan alternatif teknologi di industri pertambangan Indonesia. Sebagai contoh, makalah ini menyajikan analisis penggunaan alternatif energi di kegiatan penambangan dan potensi dampak gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan. Melalui pendekatan LCA, industri pertambangan dapat memperoleh gambaran penggunaan energi terhadap potensi emisi yang dihasilkannya.

 

Kata Kunci: Penilaian Daur Hidup; Pertambangan; Dampak Lingkungan ; Gas Rumah Kaca


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arvirianti, A. Februari 2019. Produksi Batubara RI 2019 Digenjot ke 490 Juta Ton. www.cnbcindonesia.com diakses 9 April 2019.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. 2018. Outlook Energi Indonesia 2018. Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi (PPIPE). Jakarta.

British Petroleum. 2017. BP Statistical Review of World Energy 2017 67th Edition.www.bp.com diakses 9 April 2019.

International Organization for Standarization. 1997. ISO 14040 - Environmental Management – Life Cycle Assessment – Principles and Framework. Geneva.

International Organization for Standarization. 2006. ISO 14044 - Environmental Management – Life Cycle Assessment – Requirements and Guidelines. Geneva.

[IPCC] Intergovernmental Panel on Climate Change. 2006. IPCC Guidelines for National Greenhouse Gas Inventories Vol.2: Energy; Chapter 3: Mobile Combustion. USA (US): Washington DC.

Offei, Kwame A. dan Adekpedjou, A. 2011. Application of Life Cycle Assessment in The Mining Industry. International Jurnal Cycle Assess, p: 82-29.

Purwanto, Andie Tri. 2000. Perangkat Manajemen Lingkungan. http://andietri.tripod.com/jurnal/book-1.htm diakses 19 Oktober 2020

Putt DPS, Bhatia P. 2002. Working 9 to 5 on Climate Change : An Office Guide. Washington DC (US): World Resourse Institute.

World Coal Institute. 2005. Coal Mining. https://www.worldcoal.org/coal/coal-mining diakses 10 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v2i1.4455

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v2i1.4455.g3263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR