Teknik Konservasi Mata Air Berdasarkan Karakteristik Di Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dhevy Ayu Maharani, Herwin Lukito, Aditya Pandu Wicaksono

Sari


Kalurahan Sidoharjo memiliki tiga mata air yang berperan dalam pemenuhan kebutuhan air bersih delapan dusun. Ketiga mata air tersebut yaitu Tuk Mudal, Cung Lanang, dan Slilin. Terdapat permasalahan utama pada mata air yaitu penurunan kuantitas, penurunan kualitas, serta tidak ada bak penampung atau bangunan pelindung. Tujuan dari penelitian adalah menentukan arahan konservasi teknik dan non-teknik yang ditentukan dengan karakteristik mata air. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dari kuantitatif dan kualitatif, metode pengumpulan data mencakup survei pemetaan, wawancara, pengukuran, uji laboratorium, metode sampling dengan purposive sampling, dan metode analisis mencakup matematis, skoring, analisis wawancara, evaluasi. Berdasarkan penelitian didapatkan ketiga mata air berkarakteristik rekahan; kontinuitasnya perennial spring; dengan debit masing-masing Tuk Mudal kelas V, Cung Lanang kelas VI, dan Slilin kelas VII; kualitas cukup baik dengan beberapa parameter masih melampaui baku mutu pada Tuk Mudal (TSS, COD, BOD, total-coliform), Cung Lanang (TSS, BOD, total-coliform), Slilin (DO, TSS, COD, BOD, total-coliform). Rencana konservasi teknis daerah imbuhan khususnya penggunaan lahan kebun dan semak belukar yaitu teras individu, sedangkan rencana konservasi teknis mata air yaitu pembangunan bak pelindung dan bak penampung sedangkan konservasi non-teknis yaitu pendekatan dengan sosialisasi kepada masyarakat dan instansi terkait.


Kata Kunci: Mata Air, Karakteristik Mata Air, Potensi Mata Air, Konservasi Daerah Imbuhan, Konservasi Mata Air


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiani, Lintang, et al. (2020). Studi Kualitas Perairan Berdasarkan Parameter Biologi, Fisika, dan Kimia di Aliran Mata Air Sumber Maron Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang (Sebagai Sumber Belajar Biologi). Seminar Nasional 2019, Vol. 5, 61–66.

Apriadi. (2008). Pelayanan PDAM Way Rilau Berdasarkan Pendapatan Pelanggan di Kota Bandar Lampung. Publikasi Ilmiah.

Arsyad, Sitanala dan Ernan Rustiadi. 2008. Penyelamatan Tanah, Air, dan Lingkungan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Cahyana, Gede H. (2010). Variasi Teknologi Pengurangan Kesadahan Dalam Pengolahan Air Minum. Jurnal Sosioteknologi Terapan, XV, 39-49.

Dariah, A, U. Haryati, T. Budhyastoro. (2004). Teknologi Konservasi Tanah Mekanik. Bogor: Puslitbangtanak.

Effendi, Hefni. 2003. Telaah Kualitas Air. Yogyakarta : Percetakan Kanisius.

Hendrayana, Heru. (2015). Hidrogeologi Mata Air. Gadjah Mada University Press, 45.

Ludfi, M. Tufaila Hemon, dan Hasbullah Syaf. (2018). Analisis Penentuan Zona Resapan Air Tanah di Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Jurnal Perencanaan Wilayah, 3(1), 1-16.

Nurvitasari, Shinta. (2019). Kajian Potensi Mata Air Untuk Kebutuhan Air Domestik Penduduk Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Geografi Universitas Gadjah Mada, 1-10.

Todd, D. K. (1980). Groundwater Hydrology 1st Edition. New Jersey: John Wiley and Sons Inc




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v4i1.8912

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v4i1.8912.g5053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR