IMPLEMENTASI GROUP BLIND DIGITAL SIGNATURE DALAM SISTEM E-VOTING PEMILIHAN KEPALA DAERAH

Muhammad Yusuf, Taufiqur Rohman

Abstract


Pemilihan kepala daerah di Indonesia masih bersifat konvensional sehingga kurang efektif dan masih banyak kekurangan dan kesalahan akibat human error terutama dalam hal perhitungan suara. dibutuhkan sistem pemungutan suara yang dapat meminimalisir human error tersebut. E-voting merupakan salah satu solusi pengganti system voting konvensional, dalam e-voting peran manusia tergantikan dengan komputer terutama dam hal perhitungan suara, sehingga kesalahan dalam perhitungan suara dapat diminimalisir. Untuk menjaga kerahasiaan sistem e-voting ini menggunakan kriptografi yang berupa group blind digital signature yang merupakan variasi dari tanda tangan dijital yang dibangun berdasarkan algoritma RSA. Melalui enkripsi data, sistem ini mengamankan data kandidat yang telah dipilih oleh pemilih, sehingga kerahasiaan pilihan tetap terjaga. dalam penelitian sistem e-voting yang dilaksanakan ini, group blind digital signature digunakan pada saat pengiriman data dari instansi yang ada dalam proses pemilihan kepala daerah untuk otentifikasi data yang dikirimkan.


References


Arifin, Z., Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman. Jurnal Informatika Mulawarman. 4: 3.2009

Hopkins DW, Collins TW, Wierenga SW. group signature generation system using multiple primes: United States Patent. 2006

Isnaini,MF., 2009, Analisis dan Implementasi E-voting System pada Pemilihan Kepala Daerah. Bogor:Institut Pertanian Bogor.

Munir, R. 2006, Kriptografi. Informatika. Bandung.

Ramzan ZA. Group Blind Digital Signatures: Theory and Applications. Massachusetts Institute Of Technology. Cambridge: 1999.

Ridwan.. Studi mengenai group blind digital signature. Institut Teknologi Bandung: Program Studi Teknik Informatika. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.