ANALISIS SENTIMEN DAN KLASIFIKASI KATEGORI TERHADAP TOKOH PUBLIK PADA TWITTER

Ahmad Fathan Hidayatullah, Azhari SN Azhari

Abstract


Keberadaan Twitter telah digunakan secara luas oleh berbagai lapisan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Kebiasaan masyarakat mem-posting tweet untuk menilai tokoh publik adalah salah satu media yang
merepresentasikan tanggapan masyarakat terhadap tokoh publik. Menjelang pemilihan umum, biasanya ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengetahui sentimen dan tanggapan terhadap tokoh publik. Tokoh publik yang
dinilai adalah tokoh yang dianggap layak dan memiliki kemampuan untuk dipilih menjadi pemimpin. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menganalisis tweet berbahasa Indonesia yang membicarakan tentang tokoh
publik. Analisis dilakukan dengan melakukan klasifikasi tweet yang berisi sentimen masyarakat tentang tokoh tertentu. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Naive Bayes Classifier. Naive Baye
Classifier dikombinasikan dengan fitur untuk dapat mendeteksi negasi dan pembobotan menggunakan term frequency serta TF-IDF. Klasifikasi tweet pada penelitian ini diperoleh berdasarkan kombinasi antara kela
sentimen dan kelas kategori. Klasifikasi sentimen terdiri dari positif dan negatif sedangkan klasifikasi kategori terdiri dari kapabilitas, integritas, dan akseptabilitas. Hasil pengujian pada aplikasi yang dibangun dan pada
tools RapidMiner memperlihatkan bahwa akurasi dengan term frequency memberikan hasil akurasi yang lebih baik daripada akurasi dengan fitur TF-IDF. Metode Support Vector Machine menghasilkan akurasi performans
yang lebih baik daripada metode Naive Bayes baik dalam klasifikasi sentimen maupun dalam klasifikas kategori. Namun demikian, secara keseluruhan penggunaan metode Support Vector Machine dan Naive Baye sama-sama memiliki performansi yang cukup baik untuk melakukan klasifikasi tweet.


References


Aliandu, P., 2012, Analisis Sentimen Tweet Berbahasa Indonesia di Twitter, Tesis, Program Studi S2 Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Blanco, E., dan Moldovan, D., 2011, Some Issues on Detecting Negation from Text, Proceedings of the Twenty-Fourth International Florida Artificial Intelligence Research Society Conference.

Choy, M., Cheong, M. L., Laik, M. N., dan Shung, K. P., 2011, A sentiment analysis of Singapore Presidential Election 2011 using Twitter data with census correction, arXiv preprint arXiv:1108.5520.

Choy, M., Cheong, M., Laik, M. N., dan Shung, K. P., 2012, US Presidential Election 2012 Prediction using Census Corrected Twitter Model, arXiv preprint arXiv:1211.0938.

Go, A., Bhayani, R., dan Huang, L., 2009, Twitter Sentiment Classification Using Distant Supervision, CS224N Project Report, Stanford, 1-12.

Groot, D.R., 2012, Data Mining for Tweet Sentiment Classification, Master Thesis, Faculty of Science Department of Information and Computing Sciences, Utrecht University.

Hemalatha, I., Varma, P.G., dan Govardhan, A., 2012, Preprocessing the Informal Text for Efficient Sentiment Analysis, International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), Vol.1, July – August 2012, ISSN 2278-6856.

Horn, C., 2010, Analysis and Classification of Twitter Messages, Master’s Thesis, Graz University of Technology, Austria.

Kantardzic, M., 2003, Data Mining: Concepts, Models, Methods, and Algorithms, John Wiley & Sons.

Kumar, A., dan Sebastian, T.M., 2012, Sentimen Analysis on Twitter, IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 9, No 3, July 2012, ISSN (Online): 1694-0814.

Manning, C., Raghavan, P., dan Schutze, H., 2009, Introduction to Information Retrieval, Cambridge

University Press.

Mujani, S., Prasetyo, H., Ambardi, K., Assaukanie, L., Muhammad, F., Abbas, S., Muhtadi, B., Syafrani, A.,

Endrizal, E., Marbawi, M., dan Natalie, G., 2012, Menuju Pilpres 2014 Yang Lebih berkualitas,http://www.lsi.or.id/riset/427/Rilis_Capres_Indonesia_2014, diakses 3 Maret 2013.

Nugroho, E., 2011, Sistem Deteksi Plagiarisme Dokumen Teks Dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karpi, Skripsi, Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya Malang.

Romelta, E., 2012, Opinion Mining di Twitter untuk Customer Feedback Smartphone dengan Pembelajaran Mesin, Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung Bidang Teknik Elektro dan Informatika, Vol. 1, No. 2, Juli 2012.

Sang, E. T. K., dan Bos, J., 2012, Predicting The 2011 Dutch Senate Election Results with Twitter, Proceedings of the 13th Conference of the European Chapter of the Association for Computational Linguistics,

Association for Computational Linguistics, pp. 53-60.

Sunni, I., dan Widyantoro, D.H., 2012, Analisis Sentimen dan Ekstraksi Topik Penentu Sentimen pada Opini terhadap Tokoh Publik, Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung Bidang Teknik Elektro dan

Informatika, Vol. 1, No. 2, Juli 2012.

Yamamoto, M., dan Church, K.,W., 2001, Using Suffix Arrays to Compute Term Frequency and Document Frequency for All Substrings in A Corpus, Computational Linguistics, 27(1), 1-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.