PEMANFAATAN TEKNOLOGI WIMAX DAN WIBRO UNTUK MENGOPTIMALKAN KOMUNIKASI DALAM BIDANG INDUSTRI

Paryati Paryati

Abstract


Pada dunia industri kelompok standar IEEE 802.16 dikenal dengan WiMAX merupakan standar baru dalam komunikasi akses wireless pita lebar. Dalam beberapa tahun terakhir, dunia wireless dikejutkan dengan munculnya teknologi baru yang semakin hari semakin berlomba-lomba untuk melahirkan teknologi yang mutakhir, efisien dan multiguna. Karena internet merupakan salah satu sumber daya informasi yang sudah bukan lagi menjadi kepentingan tetapi merupakan kebutuhan. Pada internet terdapat berbagai informasi mulai dari statis, dinamis dan interaktif. Oleh sebab itu para pakar teknologi melahirkan beberapa teknologi internet, mulai dari penggunaan internet dengan menggunakan line telepon (seperti ASDL, ISDN) dan kabel (internet melalui TV Kabel atau jaringan PLN), serta 3G yang lagi marak digunakan layanan internet saat ini yaitu WiMAX dan WIBRO. Maka teknologi WiMAX dan WIBRO memiliki potensi untuk menjadi solusi komunikasi dan pencarian informasi bagi dunia industri yang membutuhkan dengan alasan instalasi mudah, cepat dan tidak mengganggu keindahan karena tidak menggunakan kabel yang banyak dan perangkat access point dapat disembunyikan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chang, Dean.S.K., 2004, “WIMAX Contributing to Deliver Global Broadband Wireless Services”, WIMAX Forum.

Hayri, Santosa, 2004, “WIMAX : Koneksi Broadband Lewat Wireless”, Majalah PC Media Edisi Juli.

Indryani. Lidya., “Perencanaan Jaringan CDMA 2000-1x Secara Menyeluruh Meliputi pendimensian Perangkat dan Pemodelan Bisnis”, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro STT Telkom, Bandung.

Joyoboyo, Sumantri.,2005, “Perencanaan Sistem Wireless Metropolitan Area Network Dengan Menggunakan Teknologi WIMAX Pada Wilayah DI Yogyakarta”, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro STT Telkom, Bandung.

Smura, Timo, 2005, “Techno-Economic Analysis of IEEE 802.16a-Based Fixed Wireless Access Networks”, Thesis of Master of Science, Helsinki University, March Edition.

Stalling. W, “Network and Internet Security”, 1995, Prentice Hall, Englewood Cliffs,New Jersey, New York.

Wang, Jialing.,2004, “Will WIMAX+WLAN Constitute a Subsitute to 3G a Techno Economic Case Study “, Master’s Degree Project, Stockholm-Sweden.

http://www.cisco.com/

http://www.google.co.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.