PENALARAN BERBASIS KASUS UNTUK DETEKSI DINI PENYAKIT LEUKEMIA

Agus Sasmito Aribowo, Siti Khomsah

Abstract


Case-Based Reasoning (CBR) merupakan sebuah pendekatan dimana seseorang yang melakukan penalaran dapat menyelesaikan masalah baru dengan memperhatikan kesamaannya dengan satu atau beberapa penyelesaian dari permasalahan sebelumnya.Penyakit leukemia atau kanker darah diketahui memiliki sedikitnya empat jenis utama leukemia. Setiap jenis penyakit leukemia memiliki gejala yang hampir mirip dan juga gejala yang spesifik. Proses diagnosa leukemia saat ini kebanyakan dilakukan dengan tes fisik, tes darah, tes imunofenotipe, cytogenetic analisis dan pengambilan sampel sumsum tulang. Proses diagnosa semacam ini membutuhkan banyak peralatan laboratorium dan tenaga ahli yang memadai sehingga hanya dapat dilakukan di rumah sakit besar. Database kasus leukemia cukup lengkap di rumah sakit-rumah sakit besar meliputi kondisi penderita, gejala yang terjadi hingga jenis pengobatannya. Bagaimana cara mendiagnosa jenis leukemia secara lebih dini dengan membandingkan gejala pasien yang ada terhadap gejala-gejala yang mirip yang ada pada database kasus leukemia yang sudah ada sehingga tenaga medis di lokasi yang jauh dari rumah sakit besar tetap dapat mengklasifikasikan jenis leukemia dan memberikan pertolongan pertamanya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem untuk diagnosa awal jenis leukemia dengan memanfaatkan data kasus sebelumnya menggunakan metode-metode penalaran berbasis kasus atau Case Based Reasoning (CBR). Pengembangan sistem menggunakan metodologi Waterfall. Sistem penyimpanan kasus dalam CBR menggunakan metode indexing sehingga mempermudah proses pencarian kemiripan. Sistem CBR menggunakan metode Nearest Neighbor untuk case retrieval. Hasil dari penelitian adalah sebuah prototype atau model sistem yang dapat membantu diagnosa awal jenis leukemia. Sistem juga dapat memberikan saran pengobatan, perawatan pasien dan cara pencegahannya.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson, Clifford, R, 2007, Petunjuk Modern Kepada Kesehatan, Indonesia Publishing House, Jakarta

Giarratano, J., Riley, G., 1993, Expert Systems : Principles and Programming, PWS Publishing Company, Boston.

Mulyana, Sri dan Hartati, Sri, 2009, Tinjauan Singkat Perkembangan Case Based Reasoning, Proceding Seminar Nasional Informatika 2009, ISSN 1979-2328

Pal, Shankar K. And Shiu, Simon C.K., Foundations of Soft Case Based Reasoning. Willey & Sons, Inc. Canada. pp 64 – 67. 2004.

Sasongko, Rahadyan, 2009, Petunjuk Modern Kesehatan Keluarga, Penerbit Panju Pustaka, Jakarta

Turban, Efrain, E. Aronson, Jay, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Pearson Education, inc, New Jersey.

Watson I, 1997, Applying Case Based Reasoning : Techniques for enterprise system, Morgan Kauffman, California.

Yatim, Faisal, 2003, Talasemia Leukemia dan Anemia, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.