IMPLEMENTASI WEB SERVICE UNTUK APLIKASI PROTOTYPE RESTITUSI ATAS BIAYA PENGOBATAN PEGAWAI PT. “X” GORONTALO

Ahmad Feriyanto Alulu

Abstract


Sistim dan basis data yang tersebar pada tiap kota/kabupaten Gorontalo akan sangat menyulitkan user untuk melihat data-data restitusi pengobatan setiap pegawai baik aktif maupun pensiunan. Seluruh basis data yang ada di Kota/Kabupaten diintegrasikan dengan sebuah sistem manajemen terintegrasi dan dapat mengintegrasikan aplikasi restitusi pengobatan pegawai yang ada di kota/kabupaten, serta juga menyediakan informasi restitusi pegawai agar bisa diakses oleh user. Pada penelitian ini dilakukan analisis dan perancangan aplikasi restitusi atas biaya pengobatan pegawai PT. “X” Gorontalo. Metode penelitiansi terdiri atas : studi literatur yang terkait dengan konsep web service, wawancara, serta pengumpulan data restitusi pengobatan pegawai. Kemudian diimplementasikan dengan bahasa pemrograman berbasis web, DBMS, dan sistem operasi Windows. Hasil dari penelitian adalah integrasi antara aplikasi restitusi pengobatan Pegawai PT. “X” Gorontalo yang berada di kota sebagai kantor pusat (server) dan PT. “X” Gorontalo yang berada di kota maupun kabupaten (klien) menggunakan web service sebagai alat pertukaran datanya dan tidak menjadikan perbedaan platform sistem operasi, bahasa pemrograman dan DBMS sebagai kendala dalam pengintegrasian aplikasi.


References


Haviludin, 2005, Penerapan Basis Terdistribusi pada Sistem Keanggotaan Online Berbasis Web, Tesis, S2 Ilmu Komputer FMIPA UGM, Yogyakarta.

Girsang, A.S., 2008, Pemanfaatan Web Service untuk Integrasi Data pada Sistem Informasi Eksekutif, Tesis, S2 Ilmu Komputer FMIPA UGM, Yogyakarta.

Jayasinghe, D., 2008, Quickstart Apache Axis2 Apractical Guide to Creating Quality Web Services, Pactk Publishing, Birmingham.

Lucky, 2008, XML Web Services : Aplikasi Desktop, Internet dan Handphone, Jasakom, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.