DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN PERIZINAN SATU PINTU (SIMTU) BERBASIS WEB (STUDI KASUS KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

Ahmad Haidar Mirza

Abstract


Badan Perizinan dan Penanaman Modal kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki tugas, tanggung jawab dan wewenang yang besar di bidang perizinan dan non perizinan. Peningkatan tugas, tanggung jawab dan wewenang tersebut harus diiringi dengan peningkatan sarana dan prasarana pendukung sehingga Badan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Ogan Komering Ilir dapat meningkatkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Untuk mencapai pelayanan umum yang prima kepada masyarakat, dikembangkan Sistem Informasi Pelayanan Satu Pintu (SIMTU) dengan penerapan teknologi informasi sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Sistem Infomasi Pelayanan Satu Pintu (SIMTU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dikembangkan terdiri dari tiga titik pelayanan yaitu back office , front office dan kios informasi. Sistem Infomasi Pelayanan Satu Pintu (SIMTU) dikembangkan dengan menggunakan pengembangan perangkat lunak SDLC dengan metode analisis data deskriptif kualitatif yang disesuaikan dengan tahap pengembangan perangkat lunak.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Bahra ., 2005, Analisis dan Desain Sistem Infomasi,Graha Ilmu, Yogyakarta

Britton, Carol and Doake, Jill. 2001. Object-Oriented System Development: A Gentle Introduction. Mc-Graw- Hill, New York, USA

Jogiyanto, 2004, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta

Kroenke, David. 2006, Database Processing, Pearson Prentice Hall, New Jersey


Refbacks

  • There are currently no refbacks.