KAJIAN MANFAAT DAN RESIKO CLOUD-BASED CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Almed Hamzah

Abstract


Sebuah perusahaan tidak akan berdiri sendiri. Ada beberapa pihak yang berinteraksi dengan perusahaan tersebut, seperti pelanggan, pemasok, relasi, dan stakeholder lainnya. Interaksi dengan beberapa pihak tersebut perlu dikelola dengan baik sebagai salah satu strategi meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang dimiliki. Customer Relationship Management adalah sebuah model untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan, klien, serta calon pembeli potensial. Penggunaan teknologi pada CRM untuk mengelola, mengotomasi dan melakukan sinkronisasi proses bisnis, terutama pada bagian penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan teknis sangat dimungkinkan saat ini. Secara spesifik, tujuan dari penerapan CRM adalah untuk mengelola hubungan dengan klien termasuk didalamnya mencari, menarik, dan mendapatkan klien baru, memelihara klien yang sudah ada, dan menarik kembali klien lama. Pengembangan CRM pada masa kini tidak terlepas dari bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi terus berkembang dengan berbagai inovasi. Salah satu inovasi terbaru dari teknologi informasi adalah cloud computing yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mengaplikasikan teknologi. Beberapa vendor telah mengeluarkan produk CRM berbasis Cloud seperti Amazon, Salesforce, Microsoft. Bagi sebuah organisasi, CRM berbasis cloud memiliki beberapa manfaat sekaligus resiko. Pada paper ini akan dikaji manfaat dan resiko pemanfaatan CRM berbasis cloud computing.


References


Afiduddin; & Saebani, B.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Armbrust, M.;Fox, A.;Griffith, R.;Joseph, A.D.;Katz, R.;Konwinski, A.;Lee, G.;Patterson, D.;Rabkin, A.;Stoica, I.; & Zaharia, M. 2010. A View of Cloud Computing. Communications of the ACM, Volume 53, Nomor 4.

Chitkara, R. 2011. Cloud Computing: Navigating the Cloud. PriceWaterhouseCoopers.

Khajeh-Hosseini, A.;Greenwood, D.;Smith, J.W.; & Sommerville, I. 2010a. The Cloud Adoption Toolkit: Addresing the Challenge of Cloud Adoption in the Enterprise. Paper yang dipresentasikan pada SICSA PhD Conference 2010. Edinburgh:University of Edinburgh.

Kundra, V. 2011. Federal Cloud Computing Strategy. United States Federal Government.

Mell, P.; & Grance, T. 2009. The NIST Definition of Cloud Computing. National Institute of Standards and Technology.

Mithas, S.;Krishnan, M.S.; & Fornell, C. 2005. Why Do Customer Relationship Management Applications Affect Customer Satisfaction? Journal of Marketing, Volume 69, Nomor 4.

Shimba, F. 2010. Cloud Computing: Strategies for Cloud Computing Adoption. Dissertations. Dublin Institute of Technology.

Tie, W. 2003. Implementing CRM in SMEs: An Exploratory Study on the Viability of Using the ASP Model. Master Thesis. Swedish School of Economics and Business Administration.

Wikipedia. 2012a. Customer Relationship Management. http://en.wikipedia.org/wiki/Customer_relationship_management. Diakses Tanggal 9 Mei 2012, Pukul 08.37 WIB.

Wikipedia. 2012b. Manajemen Hubungan Pelanggan. http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_hubungan_pelanggan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.