ANALISIS IMPLEMENTASI ELECTRONIK CRM PADA PT CORDOVA GARMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Dengan berkembangnya perusahaan garment yang semakin tahun semakin berkembang dikarenakan oleh kebutuhan pelanggan akan trend atau gaya berpakaian untuk itu perusahaanpun dituntut untuk mengikuti kebutuhan dari pelanggan atau konsumen, oleh karena itu perusahaan juga harus dapat memberikan layanan yang sangat baik agar pelanggan tetap loyal dengan produk – produk yang pelanggan gunakan, dan perusahaanpun harus dapat memenuhi keinginan tersebut dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat hanya hitungan detik saja apabila perusahaan tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada maka akan secara otomatis pelanggan akan meninggalkan produk yang digunakan sehingga perusahaan dapat menciptakan system yang baru yaitu dengan aplikasi layanan front office kepada pelanggan yaitu aplikasi Electronic CRM yaitu aplikasi yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat berhubungan dengan perusahaan melalui aplikasi web. Dengan adanya aplikasi Electronic CRM dapat memberikan layanan kepada pelanggan atau konsumen dengan memberikan semua informasi yang dibutuhkan sehingga pelanggan hanya dengan melakukan klik lewat layanan aplikasi electronic Customer Relatioship Management dapat dengan mudah dan cepat menerima yang pelanggan inginkan dengan adanya kepuasan tersebut, maka pelanggan akan terus menggunakan produk dan tidak akan berpindah ke perusahaan lain, hal ini akan menambah nilai keuntungan atau profit yang jauh lebih besar kepada perusahaan. Layanan yang diberikan dengan implementasi electronic CRM antara lain adalah menyediakan pencarian produk dengan cepat, memberikan layanan gratis sehingga konsumen atau pelanggan akan terus mengunjungi halaman website yang ada, menyediakan informasi yang lengkap tentang penggunaan produk, adanya pemesanan online dan pelanggan atau konsumenpun dapat mengetahui status pemesanan yang telah dilakukan, oleh karena itu implementasi dari electronic CRM pada perusahaan PT CORDOVA Garment sangat membantu kedua belah pihak yaitu dari sisi konsumen maupun dari sisi perusahaan, dan berdasarkan kuisioner yang telah dilakukan pada penelitian ini dapat dijelaskan dengan implementasi electronic CRM dapat memberikan layanan yang lebih baik dan setelah dilakukan surey tentang kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan dari PT CORDOA Garment dari implementasi aplikasi electronic CRM rata – rata 87,9% konsumen atau pelanggan menjawab dengan jawaban yang valid yaitu merasa puas dengan layanan yang diberikan, jika dibandingkan dengan system yang ada di perusahaan apabila tidak diimbangi dengan mengikuti perkembangan teknologi misalnya saja dengan aplikasi web(electronic CRM).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cristina Sasmita & Verica Nathalia, Meina Widu, Analisis dan Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web Pada PT. AJ Central Asia Raya, 2003, diakses 5 Juni 19.56
Daniel Kurniawan, Penerapan Aplikasi CRM ( Customer Relationship Management ) Berbasis Web Dalam Bidang Jasa, Universitas Bina Nusantara, 2009, diakses 1 Juni 2011, Pukul 12.43
Eko K. Budiardjo & Faldy Irwiensyah, Analisis Fitur CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pasien Berbasis pada Framework of Dynamic CRM, Studi Kasus : Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI
RSCM Jakarta, Seminar Nasional Informatika 2008 (SemnasIF 2008) Yogyakarta, 24 Mei 2008, ISSN: 1979-2328, diakses 4 Juni 2011, pukul 23.09
Kalakota, Ravi, Dr., and Marcia Robinson, 2001. e-Business 2.0: Roadmap for Success, Addison Wesley:New Jersey
Muhammad Rizal Iskandar, Jurnal TA Skripsi, Sistem Informasi Customer Relationship Mangement (CRM) Studi Kasus PT Kencana Berlian Makmur, Universitas Unikom Indonesia, Jl. Dipati Ukur 112-116, Bandung, diakses 23 Mei 2011, pukul 14.34
Novianti & Dessy Elvina, Analisis dan Perancangan Website Untuk Menunjang Customer Relationship Management Pada PT Arthect, Binus University, 2008, diakses 6 Juni 2011, pukul 19.28
Reiny Iriana, Francis Buttle, Customer Relationship Management (CRM) System Implementation Volume 6, Number 2, International Journal Of Knowledge, Culture and Change Management, http://www.Management-Journal.com, First Publish in 2006 in Melbourne, Australia by Common Ground Publishing Pty Ltd, www.CommondGround.Com, diakses 7 Juni Pukul 18.56
Suparto Darudiato, Yunica Dewi Puji, Dian Angelina, Dina Margaretha, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Komputer, Uniersitas Bina Nusantara, Jl. Kh. Syahdan, No.9 Kemanggisan Pal Merah Jakarta Barat 11480, Telp. 021.5345830, Analisis dan Perancangan Sistem Aplikasi Customer Relationship Management Berbasiskan Web ( Studi Kasus PT. Fajar Buana Internasional), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006) ISSN : 1907-5022, diakses 2 Juni 2011, pukul 23.12
Scott Kostujohn, Mathew Johnson and Brian Pavien, CRM Fundamental, Apress
Serli wijaya, Sienny Thio, Implementasi Membership Card dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restaurant di Surabaya, diakses 26 Mei 2011, pukul 13.45
Step by Step Microsoft DynamicCRM 2011 With Access Code, Mike Synder, Jim Stenger, Brandon Lander,2011,
Vanessa Gaffar F, CRM dan MPR Hotel ( Customer Relationship Management and Marketing) Public Relation, 2011
Yuliana dan Susanti, Analisis dan Perancangan CRM Berbasis Web 2.0 Pada PT Victoria Care Indonesia, Bina Nusantara, 2010, diakses 7 Juni 2011, pukul 19.12
Refbacks
- There are currently no refbacks.