INTEGRASI SISTEM E-LEARNING DAN SOCIAL NETWORK

Fendi Tri Cahyono, Nurochman Nurochman

Abstract


Pemanfaatan internet dekade terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media internet tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata, namun juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri, pendidikan dan pergaulan sosial. Khusus mengenai jejaring sosial atau dikenal dengan social network, pertumbuhannya cukup mencengangkan. Namun sebaliknya, pemanfaatan e-learning yang kita ketahui selama ini kurang begitu menarik. Disisi lain terbukanya API dari beberapa social network, memberikan kesempatan untuk mengembangkan sebuah aplikasi e-learning yang terhubung dengan social network. E-learning yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Oracle 10g XE. Dengan menggunakan PHP-SDK dan Javasript-SDK sebagai library untuk menghubungkan antara sistem Elearning dengan Facebook sebagai social network. Metode perancangan sistem menggunakan pendekatan OOP (Object Oriented Programming), sehingga arsitektur program yang digunakan menggunakan konsep UML (Unified Modeling Language). Dengan adanya aplikasi facebook, user bisa menggunakan e-learning di atas halaman facebook, karena aplikasi elearning ter-embedded dengan facebook. User juga dapat menerima notifikasi dari e-learning melalui akun facebook. Notifikasi tersebut berupa wall post dan app request. Diharapkan sistem ini dapat meningkatkan ketertarikan user untuk menggunakan e-learning.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Facebook, 2011. Getting Started – Facebook Developer. https://developers.facebook.com/docs/ , 2011 Diakses pada 14 Desember 2011.

Juheriyanta, Hentari, 2011. Perancangan Dan Implementasi Blended E-Learning Berbasis Web Multimedia. Skripsi fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

SocialBakers, 2012. Facebook Statistics by country. http://www.socialbakers.com/facebook-statistics/. Diakses pada 27 April 2012

Wahono, Romi S.Sistem eLearning Berbasis Model Motivasi Komunitas, Jurnal Teknodik No. 21/XI/TEKNODIK/AGUSTUS/2007, Agustus 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.