DASHBOARD INFORMATION SYSTEM BERBASIS KEY PERFORMANCE INDICATOR

Henderi Henderi, Sri Rahayu, Bangun Mukti Prasetyo

Abstract


Pemimpin organisasi membutuhkan akses terhadap informasi strategis untuk melakukan monitoring, pengukuran kinerja, dan menyoroti adanya anomali pada organisasi. Sementara secara tradisional organisasi tidak memiliki tool enterprise performance management (EPM) yang efektif untuk melaksanakannya. Kegiatan monitoring, pengukuran kinerja, dan identifikasi terhadap anomali biasanya dilakukan seadanya, melalui laporan bagian terkait, dan disampaikan pada sebuah rapat. Akibatnya proses monitoring, pengukuran kinerja, dan identifikasi terhadap anomali organisasi membutuhkan sumber daya yang banyak. Bahkan, kadangkala hasilnya juga tidak mencerminkan kinerja dan anomali yang sesungguhnya. Untuk itu, paper ini membahas tentang pengembangan aplikasi dashboard information system (DIS) berbasis key performance indicator (KPI) sebagai tool EPM. Aplikasi DIS berbasis KPI dikembangkan menggunakan metode data URL (uniform resource located). Dalam implementasinya, untuk memberikan tampilan grafik yang interaktif dan kuat pada executive dashboard, digunakan software FusionChart dan XML (eXtensible Markup Language ) sebagai data interface. Berdasarkan hasil uji coba dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa aplikasi DIS berbasis KPI sebagai tool EPM yang dikembangkan pada penelitian ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi dalam melakukan monitoring, pengukuran kinerja, dan identifikasi terhadap anomali yang terjadi. Peningkatan efisiensi dan efektivitas tercapai karena aplikasi DIS yang dihasilkan dapat menampilkan informasi strategis berdasarkan KPI yang telah ditetapan dalam bentuk dashboard, interaktif, real time, dan visual.


References


Brackett, M. H., 1996, The Data Warehouse Challenge, John Wiley & Sons, Inc.

Elmi Achelia, Wildan Maulana, 2009, Desain Dashboard Berbasis Web dengan Platform Open Source, Pusat Penelitian Pekembangan Iptek LIPI, Bandung.

Henderi, Rahardja Untung, Maimunah, 2006, Dashboard Technology: Sistem Evaluasi Kinerja Mandiri Cybercorp, Jurnal Cyber Raharja, 5 (2),77- 87.

Mahdi Seifi, 2010, Importance of KPI in BI System, Case Study: Iranian, Seventh International Conference on Information Technology, Sharif University of Technology, Tehran, Iran.

Mahendrawathi ER, Danu Pranantha, Johansyah Dwi Utomo, 2010, Development of Dashboard for Hospital Logistics Management, IEEE Conference on Open Systems (ICOS 2010), Kuala Lumpur.

Mc. Leod JR. Raymon, 2004, Sistem Informasi Manajemen. Prenhallindo, Jakarta.

Rahardja Untung, Sucipto, Meta Amalia Dewi, 2005, Optimalisasi Decision Support System dengan Konsep Data Warehousing Pada Perguruan Tinggi Raharja, Creative Communication and Innovative Technology (CCIT) Journal, 3 (2), 35-42.

Ricardo Edwin, 2007, Perancangan digital dashboard system untuk menyajikan key performance indicators: studi kasus bidang riset dan penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 2007.

Risky Dinal A, 2010. Implementasi Dashboard Untuk Memonitor Kinerja Pegawai dan Program Acara di Stasiun Radio Berbasis Web, Jakarta.

Parmenter David, 2007, Key Performance Indicators : Developing, Implementing, and Using Winning KPI, John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.