SISTEM MONITORING DAN TEKNIK PERAMALAN HARGA DAGING SAPI DI INDONESIA

Iin Mu'minah, Wahyu w Pamungkas, Sofyan Sjaf

Abstract


Pemanfaatan teknologi telah terbukti sangat membantu kehidupan bermasyarakat dalam suatu negara. Sistem monitoring harga daging sapi seperti yang diterapkan di dalam Sistem Informasi Pasar, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia merupakan salah satu contohnya. Langkah demikian dilakukan mengingat peran dan nilai strategis daging sapi di Indonesia. Seperti diketahui bahwa daging sapi merupakan sumber protein bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tujuan pusat monitoring harga ini adalah untuk menyediakan informasi mengenai harga daging sapi di seluruh wilayah Indonesia, memantau perkembangannya secara harian. Dengan demikian, sistem informasi ini berfungsi untuk memberikan notifikasi dini jika diprediksi akan terjadi gejolak perubahan harga, serta memantau disparitas harga di provinsi-provinsi di seluruh Indonesia, sehinggaPemerintah Indonesia, dalam hal ini yaitu Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dapat secara dini mengambil langkah-langkah strategi yang sesuai untuk mengatasi gejolak tersebut. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2010. Pengumpulan data dilakukan dari pasar-pasar rujukan di setiap kota atau kabupaten di wilayah Indonesia, sedangkan analisis harga dilakukan dengan identifikasi faktor-faktor penentu harga komoditas. Rekomendasi akhir diusulkan sebagai langkah mengidentifikasi faktor-faktor yang harus dicek di lapangan jika terjadi kenaikan harga daging sapi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson. (2009). Statistics For Business and Economics. Thomson South–Western: International Student Edition.

………….. (2010). Konsep Restrukturisasi Peternakan. Kementerian Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Tim Blueprint Kementerian Perdagangan Indonesia (2010). Blueprint Swasembada Daging 2014. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.

Tim EWS 2010. Pembangunan Pusat Pemantauan Harga dan Stok Komoditas, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta, unpublished.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.