ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERGERAK DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SANGGAU

K. Heru Kristianto, P. Mudjihartono, Benyamin L Sinaga

Abstract


Dalam rangka peningkatan kinerja, pemerintah daerah Kabupaten Sanggau berusaha mengoptimalkan pendayagunaan teknologi informasi. Optimalisasi teknologi informasi dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi manajemen yang ditujukan untuk meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik, meningkatkan kinerja, merumuskan kebijakan, dan pengambilan keputusan bagi pejabat publik, sehingga penyelenggaraan pemerintahan berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan dan sasaran strategi ini adalah untuk mempercepat proses arus komunikasi dan distribusi informasi aset bergerak secara terintegrasi di lingkungan satuan kerja pemerintah daerah. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan maka diperlukan korelasi positif dari berbagai satuan kerja pemerintah daerah dengan keberhasilan dalam mencapai tahap pengembangan suatu kabupaten. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, dan hambatan yang dimiliki, analisis RCA untuk mengidentifikasi potensi penyebab terjadinya masalah, analisis FFA merupakan salah satu alat analisis yang digunakan untuk menganalisis secara sistematis faktor-faktor yang ditemukan dalam masalah yang kompleks, analisis QSPM untuk memilih strategi yang tepat, dan menggambarkan DFD untuk menunjukkan usulan sistem informasi pembelian dan penghapusan aset. Hasil dari analisis system ini akan memberikan usulan perubahan sistem informasi manajemen guna mempercepat proses birokrasi pemerintah daerah Kabupaten Sanggau. Sistem informasi manajemen merupakan salah satu solusi memperbaiki birokrasi untuk mencapai good governance.


References


Badrus Sholeh, 2008, Perilaku Dan Etika Pegawai Negeri: Fakta, Idealisme, Dan Tantangan Masa Depan , Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

Dwiyanto Indiahono, 2009,Mengubah Netralitas Birokrasi Klasik Menjadi Netralitas Birokrasi Baru: Suatu Telaah Politik Birokrasi Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

Gde Wisura, 2008, Demokratisasi Dan Problem Netralitas Birokrasi Di Indonesia , Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN

Ida Hayu Dwimawanti, 2009, Netralitas Birokrasi Dan Kualitas Pelayanan Publik Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

Iskandarini, 2004 Analisis Pemecahan Masalah Dan Pengambilan Keputusan Digitized by USU digital library.

Lili Romli, 2008, Masalah Reformasi Birokrasi, Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

M.R. Khairul Muluk, 2009,Relasi Politik Dan Administrasi Dalam Kepegawaian Daerah, Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

Munro, M. C., dan Wheeler, B. R., (1981). Planning, Critical Success Factors, and Management’s Information Requirement, MIS Quarterly, Vol. 4, Iss. 4, December

Nataniel Dengen dan Heliza Rahmania Hatta, 2009 Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser vol 4 no 1 feb 2009 jurnal informatika Mulawarman.

Pflaum, A. dan Delmont, T. 1987. External scanning: A tool for planners. Journal of the American Planning Association.

Parasuraman, A., Zithhaml, V. A., dan Berry, L. L., (1988), ServQual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing,Vol. 64, Iss. 1, Spring: 12-40.

Rosfiah Arsal, 2009, Reformasi Birokrasi Melalui Penerapan Manajemen Kontrak Sebagai Upaya Mewujudkan Netralitas Pegawai Negeri Sipil Dalam Era Otonomi Daerah Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.

, Freddy. (2008). Analisis SWOT Teknik membedah kasus bisnis : Reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rooney & Vanden Heuvel, 2004, Quality Basics: Root Cause Analysis for Beginners,

Rainer, R. K. Jr., dan Watson, H. J., (1995), The Key to Executive Information System Success, Journal of Management Information System, Vol. 12, No. 2, Fall: 83-98.

Syafuan Rozi, 2009,Netralitas Korporat Dan Birokrasi Inovatif Di Indonesia: Menanam, Merawat Dan Menuai Kemuliaan Bangsa Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Pusat Pengkajian dan Penelitian Kepegawaian BKN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.