SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA BAGI PERGURUAN TINGGI SWASTA (STUDI KASUS UNIVERSITAS BINA DARMA)

Kurniawan Kurniawan

Abstract


Instrumen Standar 4 Akreditasi Perguruan Tinggi mengungkapkan bahwa Perguruan tinggi harus mempunyai sistem pengelolaan sumberdaya manusia yang lengkap sesuai dengan kebutuhan perencanaan dan pengembangan. Sumberdaya manusia perguruan tinggi adalah dosen, pustakawan, laboran, teknisi, tenaga administrasi, dan tenaga pendukung yang bertanggung jawab atas pencapaian sasaran mutu keseluruhan program tri darma perguruan tinggi. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) adalah sebuah konsep tentang pemanfaatan pengembangan Teknologi Informasi dan karakteristik informasi untuk mengelola secara efektif dari fungsi dan aplikasi manajemen sumber daya manusia. Karakteristik informasi yang dimaksud haruslah berkualitas dengan memenuhi 3 faktor yaitu relevansi dimana sebuah informasi benar-benar berguna bagi suatu tindakan keputusan, tepat waktu dimana informasi datang pada saat dibutuhkan sehingga bermanfaat untuk pengambilan keputusan, dan akurasi dimana informasi bebas dari kesalahan. Oleh karena itu bagi perguruan tinggi sangat dituntut untuk melakukan dan mengembangkan pengelolaan data yang baik dan benar terhadap sumber daya manusia. Metodologi analisa dan perancangan dilakukan dengan menggunakan pendekatan object oriented analysis and design (OOAD) yang mengakomodir beberapa aktor diantaranya personalia, dosen, LPPM, dan pimpinan serta bagian-bagian yang terkait dalam sistem diantaranya staf EPSBED, Koordinator Perhitungan Kinerja Dosen dan Karyawan. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan sistem informasi ini dapat mengorganisir tatakelola dan tatalaksana manajemen SDM serta dapat mendukung pengambilan keputusan dengan penyediaan informasi melalui media teknologi informasi secara cepat, tepat, akurat, dan terintegrasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BAN-PT, 2008. Buku IIIA Borang Akreditasi yang Diisi oleh Program Studi. Versi 08-04-2010. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Haryanto, Bambang. 2004. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Informatika. Bandung

Kadir, Abdul., & Triwahyuni, Terra CH. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Edisi II. Andi. Yogyakarta.

Kovach, K.A., hughes, A.A., Fagan, P., & Maggitti, P.G. 2002. Administrative and Strategic Advantages of HRIS. Employment Relations Today, 29, 43-8.

Laudon, Kenneth C., & Laudon Jane P. 2005. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi VIII. Andi. Yogyakarta.

McLeod, Jr., Raymond. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 7. Prenhallindo. Jakarta.

Rosidi, Abidarin. 2007. Prakiraan Dan Sistem-Sistem Informasi Sumber Daya Manusia: Pendekatan Dengan Menggunakan Fakta-Fakta. Jurnal Manajerial, Edisi September 2007. STMIK AMIKOM. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.