DESIGN MODEL TPS DALAM SISTEM E-VOTING PEMILIHAN KEPALA DAERAH

Mochammad Kautsar Sophan, Taufiqur Rohman

Abstract


Pemilihan Kepala Daerah merupakan sebuah event rutin yang dilakukan di tiap daerah di Indonesia. Model pemilihan Kepala Daerah konvensional sering kali menimbulkan beberapa permasalahan, antara lain penggelembungan surat suara, perlu waktu lebih untuk melakukan perhitungan suara, dan memerlukan waktu lebih untuk mendapatkan rekap hasil perhitungan suara, dan ada kemungkinan terjadinya human error atau kesalahan prosedur dalam pendataan dan pemberian surat suara ke pemilih. Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, sangat memungkinkan untuk melakukan pemilihan kepala daerah dengan menggunakan sistem e-voting, dimana proses validasi, pemilihan, dan perhitungan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerapan e-voting yang tepat dan dengan menggunakan sistem enkripsi dan identifikasi pemilih, akan memberikan jaminan bahwa proses pemilihan berjalan dengan bebas dan rahasia. Salah satu model Penerapan e-voting untuk pemilihan kepala daerah di Indonesia terbagi dalam 2 tahap, yaitu tahap penyiapan Data Pemilih Tetap yang dilakukan oleh KPU Daerah yang dilanjutkan dengan distribusi pemilih ke setiap TPS, dan tahap pemilihan suara yang dilakukan oleh sistem di TPS, dan nanti selanjutnya dilakukan rekap hasil perhitungan suara dari TPS ke KPU Daerah. Dalam penelitian ini, design model di bangun menggunakan UML, model Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Desain alur Data dan Desain Database menggunakan CDM dan PDM, juga desain penyimpanan surat suara digital. Desain interface sistem dan arsitektur di gambarkan menggunakan prototype aplikasi untuk menguji proses pemilihan suara.


References


Azhari, Rakhmat. 2005. e-Voting. Jakarta : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2005.

Isnaini, Muhammad Fikri. Januari 2009. Analisis dan implementasi e-voting system pada pemilihan kepala daerah. Bogor : Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam - Institut Pertanian Bogor, Januari 2009.

Krimmer, R. 2006. Electronic Voting. s.l. : Bregenz: Council of Europe, 2006.

Mägi, Triinu. 2007. Practical Security Analysis of E-voting Systems. Tallin : University Of Technology, Tallin, Estonia, 2007.

Shalahuddin, Muhammad. Juni 2009. Pembuatan Model E-voting Berbasis Web (Studi Kasus Pemilu Legislatif Dan Presiden Indonesia). Bandung : Program Magister Informatika Institut Teknologi Bandung, Juni 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.