PENGGUNAAN METODE ANALISIS DAN RANCANGAN BERORIENTASI OBJEK PADA WEB JURNAL ILMIAH TERPADU

Nyimas Sopiah

Abstract


Jurnal merupakan salah satu wadah ilmiah untuk mengakomodir penulisan ilmiah dari masyarakat yang berbasis pengetahuan. Universitas Bina Darma (UBD) mempunyai suatu unit untuk mengelola jurnal ilmiah, yang dinamakan Jurnal Ilmiah Terpadu (JIT). Pengelolaan JIT UBD selama ini belum terintegrasi dalam sebuah perangkat lunak. Pengelolaan JIT mulai dari pengiriman artikel oleh Penulis (sesuai format penulisan) sampai artikel disunting oleh Penyunting (editor) dan Mitra Bestari (layak dan tidak diterbitkan). Selain itu juga belum dilakukan promosi secara online, mengingat syarat akreditasi yang dikeluarkan oleh peraturan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (DP2M) yang mensyaratkan 60% dari pihak eksternal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Penulis berniat untuk menganalisis dan merancang Web tersebut menggunakan metode berorientasi objek dengan alat bantu perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Selain merancang Web Jurnal Ilmiah, juga di


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Haryanto, Bambang, 2004, Rekayasa Sistem Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Kusmayadi, Eka, 2008, Akses dan Pemanfaatan Pangkalan Data Jurnal Ilmiah, Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol.17 No.1 2008.

Munawar, 2005, Pemodelan Visual, Graha Ilmu, Jakarta.

NIIT. 2010. Analysis and Design Object Oriented.: NIIT. New Delhi.

Rachmawati, 2008, Aplikasi Web Untuk Membantu Pengelolaan Jurnal, Jurnal Teknologi Academia ISTA Vol.1 No.2 2008.

Rifai, Mien, A, 1995, Buku Pegangan Gaya Penulisan, penyunting dan penerbitan Karya Ilmiah Pegangan Gaya Penulisan, Penyunting dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia, Gajah Mada University. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.