PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALI PENGIRIMAN TABUNG GAS

Yuli Fauziah

Abstract


Persaingan global yang semakin ketat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap siklus hidup produk menjadi semakin pendek dan kecenderungan penurunan harga dalam waktu yang relatif singkat. Perusahaan manufaktur sebagai produsen produk jadi mempunyai permasalahan dalam pengaturan dan penentuan jumlah produksi agar tidak mengalami kekurangan maupun kelebihan. Sistem agen cerdas merupakan program yang dapat diberi tugas dan dapat menyelesaikan tugasnya secara mandiri, serta mempunyai inteligensi. Dengan adanya bantuan sistem agen tersebut, maka pekerjaan yang membutuhkan waktu lama seperti menganalisis data dapat diselesaikan dengan baik dan lebih cepat daripada melakukannya secara manual, sehingga beban kerja dapat dikurangi serta efisiensi waktu dan tenaga dapat diperoleh. Oleh karena itu, permasalahan pengendalian pengiriman gas dapat dibantu dengan membuat suatu software berbasis agen cerdas. Pada paper ini membahas pengembangan aplikasi pengendali produksi, penjualan dan pengiriman tabung gas. Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode Grapple. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL untuk pembuatan basis data. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan dapat mempermudah perusahaan khususnya divisi produksi, penjualan, dan distribusi dalam mengolah data tabung gas.


References


Ali, M., 2004,. “Perancangan Infra Struktur Sistem Informasi Untuk Pengendalian Stok dan Penjualan Secara Simultan dan Real Time Berbasis Mobile Agent pada Supply Chain”,Tesis S2 Teknik dan Manajemen Industri, ITB, Bandung.

Booch, G., Rumbaugh, J., Jacobson, I., (1998), “The Unified Modelling Language User Guide”), Addison- Wesley, Massachusetts.

Noortansia, 2012, “Aplikasi berbasis web untuk pengendalian pengiriman gas di PT Surya Biru Acetylen Balikpapan”, Skripsi S1 Teknik Informatika, UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Padgham L and Winikoff M., 2004, Developing Intelligent Agent System. A Practical Guide. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.